Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MENGUBAH TEKS DRAMA MENJADI TEKS CERPEN: PEMBAHASAN SOAL UN SMP BAHASA INDONESIA TAHUN 2018


32. Bacalah teks drama berikut!

Mata pelajaran yang sedang diujikan adalah Matematika. Semua murid terlihat kebingungan dan kewalahan melihat soalnya. Terjadilah percakapan antara lima sekawan, Adi, Budi, Banu, Sita, dan Dini.
Banu: Din, aku minta jawaban soal nomor 5 dan 6!
Dini: A dan C.
Sita: Kalau soal nomor 10, 11, dan 15 jawabannya apa Ban?
Banu: 10 A, 11 D, nomor 15 aku belum
Adi: Huss, jangan kencang-kencang nanti gurunya dengar!
Sita: Soalnya sulit sekali, masih banyak yang belum aku kerjakan.
Mereka berempat saling mencontek seperti pelajar lainnya. Tapi tidak dengan Budi, Ia terlihat rileks dan mengerjakan soal ujian sendiri tanpa mencontek. 
Cerpen yang sesuai dengan teks drama tersebut adalah…
A. Kelasku sedang menghadapi ujian Matematika. Aku, Banu, Siti, Dina, dan Adi sangat kewalahan menjawab soal-soal tersebut. Kudengar panggilan Banu kepada Dina, “Din…soal nomor 5 dan 6 jawabnya apa?” “Ngga tau” jawab Dina, “tanya Dini sana!”
B. Ketika ujian Matematika berlangsung, Banu kelihatan gelisah. Matanya liar, lirik sana, lirik sini. “Din…soal nomo 5 dan 6 apa jawabnya?” ujar Banu penuh harap. “A dan C”, jawab Dini sedikit keras. “Ssst…jangan keras-keras dong, ntar Bu Guru dengar. Mereka asyik contek-contekan, sementara Budi serius dengan pekerjaannya sendiri.
C. Ujian Matematika sedang berlangsung. Siswa kebingungan melihat soalnya. Lima sekawan, Budi, Banu, Dini, Siti, dan Adi pun merasa kewalahan juga. “Din, jawaban soal nomor 5 dan 6 apa?” tanya Banu memecah keheningan ruang ujian. “A dan C”, jawab Dini. “Trus soal nomor 10, 11, 15, jawabnya apa, Ban?” tanya Sita”Nomor 10 A, 11 D, dan nomor 15 aku belum selesai”, jawab Banu. Walaupun keempat temannya saling contek, Budi terlihat rileks dan mengerjakan sendiri soalnya tanpa mencontek.
D. Bu Guru mengadakan ulangan harian. Semua siswa kewalahan melihat soalnya. Begitu juga dengan Banu, Dini, Siti, Budi, dan Adi. Mereka saling contek, termasuk juga Budi. “ Soal nomor 5 dan 6 apa jawabnya Din,” tanya Budi. “A dan C, jawab Dini. “Terus soal nomor 10, 11, dan 15 apa jawabnya Sit?” tanya Adi. “Sssst…jangan keras-keras!” kata Dini, “ntar Bu Guru dengar.”

Kunci jawab: C

Mengubah teks adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengubah suatu teks menjadi bentuk teks yang lain. Pengubahan teks ke bentuk teks lain haruslah mempertahankan kesamaan isi meskipun strukturnya berbeda.

Pengubahan bentuk teks drama tersebut ke dalam bentuk cerpen yang tepat adalah opsi C.

RINGKASAN MATERI

MENGUBAH TEKS KE BENTUK LAIN

Mengubah teks ke bentuk lain disebut juga mengonversikan teks. Kata mengonversikan memiliki arti mengubah atau menukar. Kata mengonversikan berasal dari kata dasar konversi yang memiliki arti  perubahan dari satu bentuk (rupa, dan sebagainya) ke bentuk (rupa, dan sebagainya) yang lain; (https://kbbi.web.id/konversi)

Sebuah teks dapat diubah atau dikonversi menjadi bentuk teks yang lain. Misalnya saja dari sebuah teks eksplanasi dapat teks prosedur. Teks cerita dapat diubah ke dalam teks drama atau sebaliknya. Pengubahan teks ke bentuk teks lain haruslah mempertahankan kesamaan isi meskipun strukturnya berbeda.

Contoh pengubahan teks cerita ke bentuk teks drama
Teks 1 : bentuk cerita

Pahlawan cilik Bu Aisah adalah anak yang luar biasa. Bintang namanya. Berharap ia akan terang seperti bintang, terang dengan cahayanya sendiri, itulah harapan akan namanya. Dan kini ia telah menjadi penerang untuk keluarganya.

”Bintang sedang apa di situ, mari masuk!!!” sambil menepuk pundak anak tersebut. ”aku tak mau belajar.” dengan logat khas bataknya.

”Belajar itu untuk kau juga nantinya.. biar kelak kau bisa membaca, menghitung, jadi jika kau kaya nanti tidak ditipu orang.”

(Jendela Cerita Menembus Mimpi, Via Lusinia)

Teks 2: Drama

Bu Aisah         :  (sambil menepuk pundak Bintang) ”Bintang! Sedang apa di situ? Mari masuk!”

Bintang           :  (dengan logat bataknya) ”Aku tak mau belajar!”

Bu Aisah         :  ”Belajar itu untuk kau juga nantinya. Biar kelak kau bisa membaca, menghitung, jadi jika kau kaya nanti tidak ditipu orang.”


BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
17. Menentukan Cara Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
22. Menentukan Perbedaan Pola Pengembangan Cerita Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan yang Tepat Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
30. Melengkapi Teks Biografi Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa  






36. Melengkapi Kalimat dengan Kata/Istilah yang Tepat Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa




41. Merperbaiki Kalimat Tidak Efektif Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa  
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
  1. Pertanyaan yang jawabannya ada pada teks
  1. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
  1. Makna kata dalam teks
  1. Ide pokok paragraf
  1. Kalimat utama paragraf
  1. Simpulan paragraf
  1. Kalimat persetujuan dalam teks
  1. Kalimat hubungan sebab akibat
  1. Kalimat yang menunjukkan (bukti) watak tokoh cerita
  1. Konflik dalam cerita
  1. Amanat cerita
  1. Kalimat yang tidak padu dalam teks
  1. Peristiwa yang tergambar dalam teks
  1. Teks laporan
  1. Urutan kalimat teks sastra
  1. Mengubah teks ke bentuk teks lain
  1. Perbaikan penulisan ejaan
  1. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
  1. Ringkasan teks
  1. Tokoh utama cerita
  1. Konflik, penyebab konflik, dan akibat konflik
  1. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
  1. Kalimat yang menyatakan keunggulan buku
  1. Struktur teks resensi
  1. Pendapat pro dan kontra
  1. Jenis-jenis teks prosedur
  1. Melengkapi teks prosedur
  1. Menyunting teks prosedur
  1. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
  1. Keteladanan tokoh dalam teks biografi
  1. Fakta dan opini dalam teks biografi
  1. Membandingkan nilai moral dua teks fabel
  1. Membandingkan penggunaan bahasa dua teks fabel
  1. Bagian-bagian teks ulasan film/drama
  1. Cara memvariasikan kalimat
  1. Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
  1. Makna simbol dalam cerpen
  1. Menentukan bagian alur cerpen
  1. Syarat-syarat paragraf yang baik
  1. Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
  1. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
  1. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
  1. Kalimat tidak efektif
  1. Alasan penggunaan kata yang salah
  1. Penulisan huruf kapital
  1. Penggunaan ejaan yang tidak tepat
  1. Kesalahan penggunaan tanda baca
  1. Penggunaan ejaan yang tepat
  1. Alasan ketidaktepatan penggunaan tanda baca

Sumber https://zuhriindonesia.blogspot.com/