Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resolusi Teluk Tonkin


Presiden Lyndon B. Johnson berbicara di Ruang Timur Gedung Putih di Washington, dikala para pemimpin Kongres bangun di samping mejanya untuk penandatanganan Resolusi Teluk Tonkin tahun 1964. Foto: stripes.com

Resolusi Teluk Tonkin (7 Agustus 1964) menawarkan persetujuan kongres yang luas untuk ekspansi Perang Vietnam. Selama demam isu semi tahun 1964, perencana militer telah menyebarkan rancangan rinci untuk serangan besar di Utara, namun pada waktu itu Presiden Lyndon B. Johnson dan penasihatnya khawatir bahwa publik Amerika tidak akan mendukung ekspansi perang.

Namun pada demam isu panas, pasukan pemberontak telah menguasai hampir separuh Vietnam Selatan, dan Senator Barry Goldwater, calon presiden Partai Republik, mengkritik pemerintahan Johnson alasannya tidak mengejar perang dengan lebih agresif.
 Johnson berbicara di Ruang Timur Gedung Putih di Washington Resolusi Teluk Tonkin
Kapal Perusak Maddox. Foto: Pinterest
Pada tanggal 2 Agustus, tak usang sesudah serangan Klandestin di pantai Vietnam Utara dengan kapal perang Vietnam Selatan, kapal perusak AS Maddox melaksanakan spionase dan melepas torpedo terhadap kapal Vietnam Utara. Dua hari kemudian, di wilayah yang sama, Maddox dan perusak lainnya melaporkan bahwa mereka kembali diserang.

Meskipun laporan ini sepertinya salah, Johnson melanjutkan dengan cepat untuk memberi otorisasi serangan udara akhir terhadap Vietnam Utara. Keesokan harinya ia mengumpulkan para pemimpin kongres dan, tanpa mengungkapkan keadaan yang mungkin sanggup membantu memprovokasi serangan torpedo, menuduh Vietnam Utara "melakukan aksi terbuka di bahari lepas." 

Meskipun laporan ini sepertinya salah, Johnson melanjutkan dengan cepat untuk memberi otorisasi serangan udara akhir terhadap Vietnam Utara. Keesokan harinya ia mengumpulkan para pemimpin kongres dan, tanpa mengungkapkan bahwa AS pertama kali memprovokasi serangan torpedo, dan lalu menuduh Vietnam Utara "melakukan aksi terbuka di bahari lepas."

Presiden Lyndon Baines Johnson lalu menyerahkan resolusi kepada Senat yang memberi wewenang kepadanya untuk mengambil "semua tindakan yang diharapkan untuk memukul mundur setiap serangan bersenjata melawan pasukan Amerika Serikat dan untuk mencegah aksi lebih lanjut." Resolusi tersebut dengan cepat disetujui oleh Kongres; Hanya Senator Wayne Morse dari Oregon dan Ernest Gruening dari Alaska yang menentangnya. 
 Johnson berbicara di Ruang Timur Gedung Putih di Washington Resolusi Teluk Tonkin
Dokumen Resolusi

Dikabulkannya Resolusi Teluk Tonkin, memungkinkan pemerintah AS untuk bertindak tanpa konsultasi dengan Kongres terlebih dahulu mengenai keputusan-keputusan militer berikutnya di Vietnam. Kemudian, ketika isu lebih banyak perihal Insiden Tonkin mulai tersedia, sanggup disimpulkan bahwa Johnson dan penasihatnya telah menyesatkan Kongres untuk mendukung ekspansi perang di Vietnam.

Enam tahun kemudian, di tengah meningkatnya kritik terhadap serangan Presiden Richard M. Nixon, resolusi tersebut tidak boleh pada 31 Desember 1970. Namun pada kenyataannya, perang telah ditopang oleh alokasi militer berkelanjutan oleh Kongres AS, bukan alasannya dikeluarkannya Resolusi Tonkin. Meskipun demikian, Johnson sering mengutip resolusi tersebut sebagai bukti proteksi kongres, dan menganggap kritik terhadap perang sebagai simbol yang menghambat bagi AS memperluas peperangan di Vietnam.