Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Ajar dan Dasar Pengembangan Modul Pembelajaran

A. PENGERTIAN BAHAN AJAR

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas.  Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).

Bahan ajar merupakan bahan atau materi pembelajaran yang disusun secara sistematis yang digunakan guru dan peserta didik dalam KBM sedangkan Buku teks merupakan sumber informasi yang disusun dengan struktur dan urutan berdasar bidang ilmu tertentu.


B. KARAKTERISTIK BAHAN AJAR
  1. Menimbulkan minat baca
  2. Ditulis dan dirancang untuk peserta didik
  3. Menjelaskan tujuan instruksional
  4. Disusun berdasar kan pola belajar yang fleksibel
  5. Struktur berdasarkan kebutuhan peserta didik dan kompetensi akhir yang akan dicapai.
  6. Memberi kesempatan pada peserta didik untuk berlatih
  7. Mengakomodasi kesulitan peserta didik
  8. Memberikan rangkuman
  9. Gaya penulisan komunikatif dan semi formal
  10. Kepadatan berdasar kebutuhan peserta didik
  11. Dikemas untuk proses instruksional
  12. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari peserta didik
  13. Menjelaskan cara mempelajari bahan ajar.
C. KARAKTERISTIK BUKU TEKS
  1. Mengasumsikan minat dari pembaca
  2. Dirancang untuk dipasarkan secara luas
  3. Belum tentu menjelaskan tujuan instruksional
  4. Disusun secara linear
  5. Stuktur berdasar logika bidang ilmu
  6. Belum tentu memberikan latihan
  7. Tidak mengantisipasi kesukaran belajar peserta didik
  8. Belum tentu memberikan rangkuman
  9. Gaya penulisan naratif
  10. Tidak memilki mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pembaca.
D. JENIS BAHAN AJAR
  1. Lembar informasi (information sheet)
  2. Operation sheet
  3. Jobsheet
  4. Worksheet
  5. Handout
  6. Modul
E. PENGERTIAN MODUL
Modul merupakan media atau sarana  pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai standar kompetensi yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya.

F. TUJUAN MODUL
  1. Memperjelas dan mempermudah penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat  verbal.
  2. Mengatasi keterbatasan waktu, ruang, dan daya indera peserta didik dan pendidik.
  3. Meningkatkan motivasi dan gairah belajar bagi peserta didik atau peserta diklat;
  4. Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam berinteraksi langsung dengan lingkungan dan sumber belajar lainnya, 
  5. Memungkinkan peserta didik belajar mandiri sesuai kemampuan dan minatnya.
  6. Memungkinkan peserta didik dapat mengukur atau mengevaluasi sendiri hasil belajarnya.

G. KARAKTERISTIK MODUL

1. Self Instructional, dimana peserta didik mampu membelajarkan diri sendiri, tidak tergantung pada pihak lain. 
2. Self Contained, yakni seluruh materi pembelajaran dari satu standar kompetensi atau kompetensi dasar yang dipelajari terdapat di dalam satu modul secara utuh 
3. Stand Alone, dimana modul manual/multimedia yang dikembangkan tidak tergantung pada media lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan media lain.
4. Adaptif, yakni Modul memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi.
5. User Friendly, yakni Modul memenuhi kaidah bersahabat/akrab dengan pemakainya  (user frendly).

H. HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PENULISAN MODUL

1. Konsistensi dalam penggunaan Font, Spasi dan Layout
2. Bentuk dan ukuran huruf yang mudah dibaca, proporsional, dan menghindari penggunaan huruf kapital untuk seluruh teks
3. Format kolom tunggal atau multi, atau format kertas vertikal atau horisontal dan icon yang mudah dipahami
4. Pengorganisasian yang baik dalam tampilan peta/bagan, urutan dan susunan yang sistematis, menempatkan naskah, gambar dan ilustrasi yang menarik, desain antar bab, antar unit dan antar paragraph dengan susunan dan alur yang mudah dipahami serta judul, sub judul (kegiatan belajar), dan uraian yang mudah diikuti.
5. Memiliki daya tarik yang baik, seperti Mengkombinasikan warna, gambar (ilustrasi), bentuk dan ukuran huruf yang serasi, Menempatkan rangsangan-rangsangan berupa gambar atau ilustrasi, pencetakan huruf tebal, miring, garis bawah atau warna. dan Tugas dan latihan yang dikemas sedemikian rupa.
6. Gunakan spasi atau ruang kosong tanpa naskah atau gambar untuk menambah kontras penampilan modul.

I. KERANGKA MODUL
  1. Halaman Sampul
  2. Halaman Francis
  3. Kata Pengantar
  4. Daftar Isi
  5. Peta Kedudukan Modul
  6. Glosarium
I. Pendahuluan meliputi Deskripsi, Prasyarat, Petunjuk Penggunaan Modul,(Penjelasan Bagi Peserta didik dan Peran Guru),Tujuan Akhir, Standar Kompetensi,Cek Kemampuan Awal 

2. Pembelajaran meliputi Rencana Belajar Peserta didik, Kegiatan Belajar sperti,
a. Tujuan Kegiatan Pembelajaran
b. Uraian Materi
c. Rangkuman
d. Tugas
e. Tes Formatif
f. Kunci Jawaban Formatif
g. Lembar Kerja

3. Evaluasi yang meliputi Cognitive Skill,Psychomotoric Skill, Affective Skill, Produk/Benda Kerja Sesuai Kriteria Standar, Batasan Waktu , Kunci Jawaban

4. Daftar Pustaka

J. PROSEDUR PENYUSUNAN MODUL

Tahap Persiapan





Tahap Penyusunan


Tahap Validasi

























Sumber https://kompilasidata.blogspot.com/