Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Dan Balasan Ukk Smk Ap Manajemen Perkantoran Tahun Pelajaran 2018/2019

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN Sekolah Menengah kejuruan - Selamat datang, di blog Kurikulum 2013 K13 Revisi terbaru. Berikut admin sampaikan mengenai SOAL dan JAWABAN UKK Sekolah Menengah kejuruan AP ADMINISTRASI PERKANTORAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 .


 Berikut admin sampaikan mengenai SOAL dan JAWABAN UKK Sekolah Menengah kejuruan AP ADMINISTRASI PERKANTORAN TAH SOAL dan JAWABAN UKK Sekolah Menengah kejuruan AP ADMINISTRASI PERKANTORAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Pengelolaan Dokumen Kantor
UJI KOMPETENSI KEAHLIAN 
TAHUN PELAJARAN 2018/2019 



SOAL PRAKTIK KEJURUAN 



Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan 
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran 
Kode : 6063 
Alokasi Waktu : 12 jam 
Bentuk Soal : Penugasan Perorangan 
Judul Tugas : Pengelolaan Dokumen Kantor 



I. PETUNJUK UMUM

A. Anda diposisikan sebagai petugas Administrasi Yunior di PT BINTANG HARAPAN,sebuah perusahaan property yang beralamat di Jl. Pemuda No. 150 -152Surabaya, telepon: (031) 5942377, Fax: (031) 5944508, Email: info@bintangharapan.com. Website: www.bintangharapan.com. Pimpinan Anda berjulukan Bagas Adijaya, SE,MM menjabat sebagai Direktur Utama.


B. Soal ujian praktek terdiri 9 pekerjaan:
1. Menangani Penerimaan/Pengiriman surat/ dokumen
2. Mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen
3. Menulis dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
4. Membaca surat dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional Dasar
5. Memproduksi Dokumen di komputer
6. Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
7. Mengelola Arsip
8. Membuat surat/ Dokumen Elektronik
9. Mengakses Informasi melalui Homepage

C. Bacalah setiap item soal dengan cermat
D. Periksa seluruh kelengkapan soal, bila tidak lengkap atau rusaksegera melapor kepada pengawas ujian
E. Tuliskan nomor ujian pada setiap hasil pekerjaan
F. Periksa kembali hasil pekerjaan sebelum menyerahkan kepada pegawas ujian



II.KESELAMATAN KERJA
  1. Perhatikan unsur-unsur keselamatan kerja selama mengerjakan soalujian praktik 
  2. Laporkan bila terdapat kerusakan atau hal lain yang terjadi diluar semestinya kepada pengawas ujian.
SOAL : Menangani Penerimaan/Pengiriman surat/ dokumen

1. Petunjuk Pengerjaan

a. Anda sebagai seorang petugas Asisten Administrasi dihadapan Anda ada 14 surat yang terdiri dari surat masuk dan surat keluar.
b. Lakukan pensortiran surat tersebut.
c. Catat ke dalam buku jadwal kembar.


2.Alur acara

a. Mempersiapkan alat dan materi (ATK) yang akan dipakai
b. Mensortir 14 surat
c. Membuat format buku jadwal kembar
d. Mengisi buku jadwal sesuai dengan surat yang ada

4. Hasil yang diharapkan:

Ø Buku Agenda Kembar yang telah diketik rapih dan diisi sesuai dengan jumlahnya surat yang ada.

Soal : Mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen
Soal : Membuat surat/ Dokumen Elektronik


1. Petunjuk Pengerjaan
a. Anda sebagai seorang petugas Asisten Administrasi diperintahkan untuk menciptakan surat ajakan rapat wacana “evaluasi produk type rumah minimalis”, tanggal surat dan lain-lain karang sendiri.
b. Buatlah surat bentuk semi block style
c. Lakukan penggandaan sesuai dengan penerima yang diundang (minim 5 orang yang diundang)
d. Kirim juga lewat email dengan alamat email yang diberikan oleh penguji.

2. Alur kegiatan
a. Surat diketik pada HVS A4.
b. Pengaturan margin menyesuaikan.
c. Surat diketik dalam bentuk Semi BlockStyle
d. Kirim lewat email.

3. Hasil yang diharapkan:
a. Surat Undangan yang diketik rapih dalam bentuk semi block style
b. Surat Undangan yang sudah digandakan sejumlah undangan( minimal 5 orang)
c. Telah terkirim lewat email.

Soal: Menulis dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
Soal: Membaca surat dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional Dasar
Soal: Memproduksi Dokumen di komputer


Selengkapnya,silahkan anda download file .doc dokumen .pdf nya pada alamat tautan di bawah ini:
Download soal Uji Kompetensi Keahlian Sekolah Menengah kejuruan AP 2019 kode 6063 paket 1 dengan Judul Tugas : Pengelolaan Dokumen Kantor.doc

Penyusunan Agenda Kerja dan Agenda Perjalanan Dinas Pimpinan

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SOAL PRAKTIK KEJURUAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Kode : 6063
Alokasi Waktu : 12 Jam
Bentuk Soal : Penugasan Perorangan
Judul Tugas : Penyusunan Agenda Kerja dan Agenda

Perjalanan Dinas Pimpinan

I. PETUNJUK UMUM
1. Anda yaitu seorang Administrasi Kantor PT Mandala Putra Sebuah perusahaan
property yang beralamat di Jl. Raya Serang KM 26. Balaraja Kabupaten
Tangerang. Telp/Fax 021 5950058 Alamat email: mandala putra@gmail .co.id.
Website: www.mandalaputra.co.id Pimpinan anda berjulukan Giefahri Mandala,
M.M. menjabat sebagai Direktur Utama.
2. Bacalah setiap item soal dengan cermat
3. Periksa seluruh kelengkapan soal, bila tidak lengkap atau rusak segera melapor
kepada pengawas ujian
4. Tuliskan nomor ujian pada setiap hasil pekerjaan
5. Periksa kembali hasil pekerjaan sebelum menyerahkan kepada pegawas ujian

II. KESELAMATAN KERJA
a. Perhatikan unsur-unsur keselamatan kerja selama mengerjakan soal ujian praktik
b. Laporkan bila terdapat kerusakan atau hal lain yang teradi diluar semestinya
kepada pengawas ujian

III. DAFTAR PERALATAN
IV. SOAL/TUGAS
Memproduksi dokumen
1. Petunjuk pengerjaan
a. Siapkan jadwal Microsoft word pada komputer Anda
b. Ketik terlebih dahulu Nomor dan Nama peserta, kemudian tekan enter.
c. Ketiklah naskah yang telah disediakan
d. Setelah selesai melaksanakan pengetikan naskah, silahkan tekan enter, kemudian klik “view and print result”. Cetak hasil Typing Test anda.
e. Serahkan hasil naskah pada selesai sesi.
f. Bila ada problem dengan alat atau soal, tanyakan kepada pengawas pelaksana atau Panitia.

2. Alur kegiatan
a. Mempersiapkan alat dan materi (ATK) yang akan digunakan
b. Mengetik naskah yang sudah disediakan memakai Microsoft word
c. Setelah selesai akhirnya di cetak dan diserahkan pada penguji
d. Gunakan jarak 1.5 spasi
e. Font Times New Roman
f. Font size 12

3. Hasil yang diharapkan
Print out naskah dengan tingkat ketelitian mencapai 95 %

Mengelola jadwal acara pimpinan
1. Petunjuk Kerja
a. Anda diminta untuk menciptakan jadwal acara pimpinan dengan data-data dan info yang telah tersedia
b. Ketik dengan memakai aplikasi MS Word / MS Excel

3. Alur Kegiatan
a. Mempersiapkan alat dan materi yang diperlukan
b. Buat jadwal acara pimpinan dalam format yang tersedia pada aplikasi Microsoft word/Microsoft Excel
c. Cetak hasil ketikan di kertas HVS A4

4. Hasil yang diharapkan
Print out naskah Jadwal acara pimpinan tersusun dengan benar, jelas,
informatif dan lengkap.

SOAL
Anda diminta pimpinan anda untuk merapikan data-data wacana kegiatannya pada
awal bulan Februari 2019 yang terdapat pada map.

MELAKUKAN KOMUNIKASI MELALUI TELEPON
1. Petunjuk pengerjaan
a. Perhatikan soal dengan cermat : Anda yaitu seorang Administrasi Kantor PT Mandala Putra. Sebuah perusahaan property yang beralamat di Jl. Raya Serang KM 26. Balaraja Kabupaten Tangerang. Telp/Fax 021 5950058
b. Sebelum mendapatkan panggilan telepon dan melaksanakan telepon ke luar, siapkan terlebih dahulu perlengkapan yang diperlukan.
2. Alur Kegiatan
Sebagai Sekretaris, pekerjaannya tidak terlepas menerima/melakukan panggilan telepon. yang informasinya akan disampaikan pada pimpinan anda.

Soal
Anda mendapat kiprah dari pimpinan untuk menelepon PT Sinar Jaya, beralamat di Kawasan Industri Modern Cikande, Jl. Utama Modern Industri Banten 42186 Telp/Fax (0254) 267064. Adapun pesannya bahwa Pimpinan ingin mengundang Pimpinan PT Sinar Jaya dalam meeting hari rabu 27 Februari 2019 untuk membicarakan pembelian perumahan cluster.

SOAL : Mencatat Dikte
1. Petunjuk Pengerjaan
a. Siapkan Lembar Pesan Telepon (LPT)
b. Terima telepon dari penguji, dan catat info penting pada Lembar Pesan
Telepon (LPT)
2. Alur Kegiatan dan Soal
Saat anda sedang mengerjakan tugas, penguji akan menelpon anda. Catatlah info penting pada LPT hasil pembicaraan yang terjadi. Lakukan tindak lanjutnya sesuai dengan SOP

4. Hasil Yang Diharapkan
Lembar Pesan Telepon (LPT) terisi oleh pesan yang didiktekan penguji melalui
telepon
Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
1. Petunjuk Pengerjaan :
a. Pikirkan inspirasi judul materi yang akan dipaparkan dalam presentasi menurut pengetahuan, pengamatan dan pengalaman yang anda miliki
b. Presentasi dibentuk dalam format Power Point memakai Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris minimal 4 lembar (slide)
c. Pembuatan materi presentasi = 30 menit
d. Penyampaian materi presentasi (dalam bahasa Indonesia) = 10 menit
e. Buat presentasi dengan menambahkan animasi, slide show, transitions, design, insert gambar yang menarik, atau beberapa hidangan semoga tampilan lebih menarik.
f. Simpanlah dengan nama Presentasi Sekretaris di My Computer, data (D)
2. Alur kegiatan
a. Waktu yang diberikan 15 menit. Untuk persiapan 5 menit, 10 menit untuk
presentasi secara bergiliran
b. Jumlah paparan dalam power poin minimal 4 slide untuk dipresentasikan.
c. Paparan berupa klarifikasi singkat dengan mengunakan jadwal Power Point.
d. Presentasi memakai bahasa Indonesia.
4. Hasil yang diharapkan
a. Kemampuan menciptakan materi presentasi dengan Power Point
b. Kualitas media (gambar/tulisam dalam power point)
c. Penguasaan materi presentasi
d. Sistematika penyampaian
e. Penggunaan bahasa
Soal : Buatlah materi untuk presentasi dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris
dengan tema : Prospek Rumah Minimalis Tahun 2019
Membuat Surat/Dokumen Elektronik
1. Petunjuk pengerjaan
a. Buatlah alamat email
b. Ketik surat dan kirim ke alamat email yang diberikan penguji
2. Alur Kegiatan
a. Buatlah alamat email dengan memakai aplikasi gmail
b. Ketik surat sesuai yang diperintahkan dalam kolom email
c. Kirim surat ke alamat email yang diberikan oleh penguji

Soal :
Anda yaitu seorang Administrasi Kantor PT Mandala Putra. Sebuah perusahaan property yang beralamat di Jl. Raya Serang KM 26. Balaraja Kabupaten Tangerang. Telp/Fax 021 5950058 Alamat email: mandala putra@gmail .co.id. Website: www.mandalaputra.co.id Pimpinan anda berjulukan Giefahri Mandala, M.M. Anda diminta oleh pimpinan untuk menciptakan surat dalam bahasa Indonesia kepada salah satu vendor perusahaan Anda yaitu TB. Matahari yang beralamat di Jl. Raya Serang KM 30 Gembong Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang. Surat ditujukan kepada Sales Manager yang berjulukan Robi Kurnia, SE. berisi pesanan pembelian beberapa materi bangunan.

Mengakses Informasi Homepage
1. Petunjuk pengerjaan
a. Baca dan cermati maksud soal di bawah ini
b. Buka aplikasi computer, yang telah tersambung internet.
c. Buka Program Web Browser dan cari info sebagaimana diminta dalam soal
d. Pindahkan info yang didapat ke dalam word processing, kemudian simpan menjadi sebuah file dokumen dengan nama file nomor penerima Anda
e. Print out data yang telah Anda unduh tersebut dan serahkan kepada Penguji
2. Alur kegiatan
a. Pekerjaan mengakses internet dan email dilaksanakan sesuai aba-aba Penguji
b. Mempersiapkan alat dan materi yang diperlukan
c. Pastikan Komputer telah terpasang dengan jaringan internet sesuai kebutuhan soal
d. Carilah data yang dibutuhkan sesuai yang ada pada soal, selanjutnya data disimpan kedalam folder
e. Print out data yang telah Anda unduh tersebut dan serahkan kepada Penguji
4. Hasil Yang diharapkan
a. Print out data yang anda unduh
b. Gambar skema rumah minimalis

Soal :
Anda yaitu seorang Administrasi Kantor PT Mandala Putra. Sebuah perusahaan property yang beralamat di Jl. Raya Serang KM 26. Balaraja Kabupaten Tangerang. Telp/Fax 021 5950058 Alamat email: mandala putra@gmail .co.id. Website: www.mandalaputra.co.id Pimpinan anda berjulukan Giefahri Mandala, M.M. Pimpinan Anda berencana akan membangun sebuah perumahan cluster bergaya minimalis, oleh sebab itu Anda diminta untuk mencari model skema rumah minimalis.


SOAL LENGKAPNYA DI SINI PAKET 2

Penyusunan Agenda Kerja & Agenda Perjalanan Dinas Pimpinan dan Membantu Pengelolaan (Yunior Sekretaris/Junior Administrative Assitant)
 
UJI KOMPETENSI KEAHLIAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SOAL PRAKTIK KEJURUAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Kode : 6063
Alokasi Waktu : 18 Jam
Bentuk Soal : Penugasan Perorangan
Judul Tugas : Penyusunan Agenda Kerja & Agenda Perjalanan Dinas Pimpinan dan Membantu Pengelolaan (Yunior Sekretaris/Junior Administrative Assitant)

I. PETUNJUK UMUM
  1. 1. Anda yaitu seorang Sekretaris PT Gazendra Group Sebuah perusahaan bergerak dibidang ekspor impor yang beralamat di Jl. Raya Serang KM 14 Cikupa Kabupaten Tangerang. Telp/Fax 021 5961480 Alamat email: gazendra_group@gmail.co.id. Website: www.gazendragroup.co.id Pimpinan anda berjulukan Gazendra Hakim, M.Eng menjabat sebagai Direktur Utama.
  2. Bacalah setiap item soal dengan cermat
  3. Periksa seluruh kelengkapan soal, bila tidak lengkap atau rusak segera melapor kepada pengawas ujian
  4. Tuliskan nomor ujian pada setiap hasil pekerjaan
  5. Periksa kembali hasil pekerjaan sebelum menyerahkan kepada pegawas ujian

II. KESELAMATAN KERJA
a. Perhatikan unsur-unsur keselamatan kerja selama mengerjakan soal ujian praktik
b. Laporkan bila terdapat kerusakan atau hal lain yang teradi diluar semestinya
kepada pengawas ujian

III. DAFTAR PERALATAN
SOAL LENGKAPNYA DI SINI PAKET 3

Pengelolaan Dokumen Kantor, Melakukan Komunikasi di daerah kerja dan menawarkan layanan prima (Sekretaris/ administrative assistant)

UJI KOMPETENSI KEAHLIAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SOAL PRAKTIK KEJURUAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Administrasi Perkantoran
Kode : 6063
Alokasi Waktu : 18 jam
Bentuk Soal : Penugasan Perorangan
Judul Tugas : Pengelolaan Dokumen Kantor, Melakukan Komunikasi di daerah kerja dan menawarkan layanan prima (Sekretaris/ administrative assistant)

I. PETUNJUK UMUM
A. Anda yaitu Sekretaris kantor PT Grand Store, Sebuah perusahaan retail yang
beralamat di Jl. Raya Dewi Sartika KM 25. Bandung 40251. Telp/Fax 0225950058
alamat email: grandstore@gmail.co.id.website: www.grandlastore.co.id Pimpinan
anda berjulukan Bapak Yahya Nugraha, SE,MM. menjabat sebagai Direktur Utama.
B. Soal ujian praktek terdiri 20 pekerjaan:
1. Menangani Penerimaan/Pengiriman surat/ dokumen
2. Mengatur penggandaan dan pengumpulan dokumen
3. Menulis dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
4. Membaca surat dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional Dasar
5. Memproduksi Dokumen di komputer
6. Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
7. Mengelola Arsip
8. Membuat surat/ Dokumen Elektronik
9. Mengakses Informasi melalui Homepage
10. Mengaplikasikan Ketrampilan Dasar komunikasi
11. Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
12. Melakukan Komunikasi Lisan dengan Kolega/Pelanggan
13. Melakukan Komunikasi Lisan dalam bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
14. Menggunakan Peralatan Komunikasi
15. Mengatur Rapat/Pertemuan
16. Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi
17. Menerapkan Kerjsama dengan kolega/Pelanggan
18. Memberikan Layanan kepada Pelanggan
19. Memproses keluhan Pelanggan
20. Memenuni Kebutuhan Pelanggan
C. Bacalah setiap item soal dengan cermat
D. Periksa seluruh kelengkapan soal, bila tidak lengkap atau rusaksegera melapor
kepada pengawas ujian
E. Tuliskan nomor ujian pada setiap hasil pekerjaan
F. Periksa kembali hasil pekerjaan sebelum menyerahkan kepada pegawas ujian

II. KESELAMATAN KERJA
  1. Perhatikan unsur-unsur keselamatan kerja selama mengerjakan soal ujian praktik
  2. Laporkan bila terdapat kerusakan atau hal lain yang terjadi diluar semestinya kepada pengawas ujian.
III. DAFTAR PERALATAN,KOMPONEN DAN BAHAN
SOAL LENGKAPNYA DI SINI PAKET 4

Selain link yang telah disebutkan diatas, anda bisa medapatkan paket lengkapnya disini

Adapun untuk kunci balasan dan pembahasannya klik disini

Demikian yang terbaru, terkait dengan  SOAL dan JAWABAN UKK Sekolah Menengah kejuruan AP ADMINISTRASI PERKANTORAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Sumber https://www.imaginepennhills.com/