Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buku Guru Dan Siswa Kelas Iii (3) Semester 2 Sd/Mi Kurikulum 2013 Revisi

Buku K13 Revisi kelas 3 SD 2019 - Pada kesempatan semester 2 genap Tahun Pelajaran 2018/2019 ini, berikut admin sampaikan mengenai BUKU GURU DAN SISWA KELAS III (3) SEMESTER 2 SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI 2019.
 berikut admin sampaikan mengenai BUKU GURU DAN SISWA KELAS III  BUKU GURU DAN SISWA KELAS III (3) SEMESTER 2 SD/MI KURIKULUM 2013 REVISI
 
Buku Panduan Guru disusun untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran tematik terpadu. Buku ini meliputi hal-hal sebagai berikut.
  1. Jaringan tema yang memberi citra kepada guru perihal suatu tema yang melingkupi beberapa kompetensi dasar (KD) dan indikator dari banyak sekali mata pelajaran.
  2. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada setiap kegiatan pembelajaran.
  3. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir.
  4. Pengalaman berguru yang bermakna untuk membangun sikap dan sikap positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menuntaskan masalah, inkuiri, kreativitas, dan pribadi reflektif.
  5. Berbagai teknik evaluasi siswa.
  6. Informasi yang menjadi contoh kegiatan remedial dan pengayaan.
  7. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memperlihatkan kesempatan kepada orang bau tanah untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan berguru siswa di rumah.
  8. Petunjuk penggunaan buku siswa.
Kegiatan pembelajaran di buku ini dirancang untuk menyebarkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui kegiatan yang bervariasi.


Aktivitas tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut.
  1. Membuka pelajaran dengan cara yang menarik perhatian siswa, ibarat membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, melaksanakan permainan, demonstrasi, dan pemecahan masalah.
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa sanggup mengorganisir informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan).
  3. Menggali pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya biar siswa bisa mengaitkan pengetahuan terdahulu dengan yang akan dipelajari.
  4. Memberi kiprah yang sedikit demi sedikit guna membantu siswa memahami konsep.
  5. Memberi kiprah yang sanggup menyebarkan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
  6. Memberi kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari.
  7. Memberi umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.
Nah, Bagi Bapak/Ibu guru yang ingin mendownload Buku Guru Kurikulum 2013 Kelas III (3) SD/MI Semester 2 Tema 5, 6, 7, dan 8 silahkan pribadi saja klik alamat tautan yang tersemat di bawah ini:

Buku Kurikulum 2013 Revisi Kelas III SD/MI Semester 2 Tema 5
A. Buku Guru
     Untuk mendownload Buku guru Kelas 3 SD/MI Tema 5 klik disini
B. Buku Siswa
     Tentang Buku Siswa Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas III SD/MI:
1. Buku siswa merupakan buku panduan sekaligus buku kegiatan yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran.
2. Buku siswa didesain penuh gambar dan warna untuk menstimulasi imajinasi dan minat siswa.
3. Buku siswa dilengkapi dengan klarifikasi lebih rinci perihal isi dan penggunaan sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan Guru.
4. Kegiatan pembelajaran yang ada di buku siswa lebih merupakan contoh kegiatan yang sanggup dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diperlukan bisa menyebarkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan alternatif-alternatif kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Panduan Guru, atau menyebarkan ide-ide pembelajaran sendiri.
5. Buku Kelas III terdiri dari empat tema. Setiap tema terdiri dari tiga subtema dan satu kegiatan berbasis proyek. Tiap subtema dan kegiatan berbasis proyek diuraikan ke dalam enam pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk satu hari. Penjelasan lebih rinci perihal kegiatan pembelajaran dituangkan pada Buku Panduan Guru.
6. Struktur penulisan buku semaksimal mungkin diusahakan memfasilitasi pengalaman berguru yang bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul menurut pendekatan saintifik sebagai berikut:
  • Mengamati : Ayo Amati, Ayo Membaca, Ayo Mendengarkan, Ayo menyimak
  • Menanya : Ayo cari tahu
  • Mencoba : Ayo lakukan, Ayo Berlatih, Ayo Berkreasi, Ayo Berkarya, Ayo Bernyanyi, Ayo Bermain Peran, Ayo Peragakan
  • Menalar : Ayo Berdiskusi, Ayo Pikirkan, Ayo Renungkan, Ayo Simpulkan, Ayo Cari Tahu
  • Mengomunikasikan : Ayo Ceritakan, Ayo Presentasikan, Ayo Sajikan
7. Buku ini bersifat serba-mencakup (self-contained) biar sanggup dipakai oleh siswa secara berdikari di rumah.
8. Buku siswa berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi siswa dan guru untuk melengkapi dan memperjaya bahan dari banyak sekali sumber.
9. Di setiap simpulan pembelajaran, terdapat kolom untuk orang bau tanah dengan subjudul Belajar di Rumah. Kolom ini berisi kegiatan berguru yang sanggup dilakukan siswa bersama orang bau tanah di rumah. Orang bau tanah diperlukan terlibat aktif dalam proses berguru siswa sesuai dengan pengalaman yang dimilikinya.
10.Pada setiap simpulan subtema terdapat lembar refleksi diri dengan ikon “Sekarang Aku Bisa”. Lembar ini bertujuan membantu siswa dan guru mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang harus ditingkatkan.
11. Lembar latihan merupakan bab simpulan subtema yang sanggup dipakai untuk melatih daya pikir siswa. Guru sanggup menyebarkan bahan latihan sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Selengkapnya, silahkan unduh buku siswa Kelas 3 SD/MI Tema 5


Buku Kurikulum 2013 Revisi Kelas III SD/MI Semester 2 Tema 6
A. Buku Guru
     Untuk mendownload Buku guru Kelas 3 SD/MI Tema 6 klik disini
B. Buku Siswa
     Sedangkan untuk buku siswa Kelas 3 SD/MI Tema 6 silahkan klik disini

Buku Kurikulum 2013 Revisi Kelas III SD/MI Semester 2 Tema 7

A. Buku Guru
     Untuk mendownload Buku guru Kelas 3 SD/MI Tema 7 klik disini
B. Buku Siswa
     Sedangkan untuk buku siswa Kelas 3 SD/MI Tema 7 silahkan klik disini


Buku Kurikulum 2013 Revisi Kelas III SD/MI Semester 2 Tema 8

A. Buku Guru
     Untuk mendownload Buku guru Kelas 3 SD/MI Tema 8 klik disini
B. Buku Siswa
     Sedangkan untuk buku siswa Kelas 3 SD/MI Tema 8 silahkan klik disini




Demikianlah yang terbaru, terkait dengan Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas III (3) SD/MI Revisi 2019. Dengan adanya buku ini semoga sanggup membantu Bapak Ibu Guru, Orang Tua Siswa untuk kepentingan pembelajaran yang sanggup meningkatkan kualitas pendidikan. 

Sumber https://www.imaginepennhills.com/