Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Lengkap Bagaimana Cara Membuat Akun Blogger Dari Awal


Blogger adalah salah satu layanan untuk menulis artikel yang sangat populer yang dibuat oleh perusahaan Google. Tujuan mereka membangun blog adalah untuk membagikan informasi/inspirasi untuk di sebarkan luas ke masyarakat sesuai dengan niche blog masing-masing yang dibuat.

Sejarah Singkat Blogger.com

Google merilis blogger pertama pada akhir tahun 2002, Di beli perusahaan google blogger pertama dikembangkan oleh Pyra Labs. Semenjak google akusisi blogger terdapat beberapa fitur yang setiap tahun selalu di update. Selain itu blogger juga diberikan secara gratis dan Tidak memandang umur kecuali untuk pedaftaran google adsense minimal umur 18+.

Baca Juga :
Cara Membuat Akun GMAIL Terbaru 2017
Cara Meningkatkan Trafic Blogger Terbaru

Cara Membuat Blog

Sebelum melakukan pendaftaran di blogger.com pastikan dulu kamu sudah membuat/masuk ke akun gmail anda. karena blogger.com secarah penuh di akses oleh akun gmail, Jadi jika kamu belum mempunyai akun gmail silahkan daftar dulu, Jika sudah silahkan login gmail kamu disini

1. Jika suda login, Silahkan masuk di Blogger.com, Maka akan muncul gambar seperti dibawah ini, Silahkan pilih 'Create Blog' atau 'Buat Blog'.


2. Maka kamu akan masuk untuk memilih akun yang akan dijadikan pendaftaran blogger.

3. Setelah memilih akun yang akan dijadikan untuk mendaftar Blogger, Akan muncul gambar seperti dibawah ini. kamu akan di ahlikan untuk meng-Konfirmasi akun blogger. Silahakan klik 'Lanjutkan ke blogger'

4. Setelah lanjutkan ke blogger, Selanjutnya silahakan 'BUAT BLOG BARU'.

  • Judul : 'Ini adalah judul blog anda, Silahakn isi terserah kamu'
  • Alamat : 'Ini adalah alamat blog kamu, Selama alamat yang kamu gunakan tersedia, Maka kamu bisa menggunakan alamat blog itu. Tapi jika ada tulisan alamat blog tidak tersedia maka alamat itu tidak bisa digunakan.
  • Tema : Silahakan pilih tema sesuai dengan selerah kamu. 'Kamu juga bisa menggunakan tema lainnya nanti setelah membuat blog' Tapi saran saya jika kamu masih belajar, Kamu gunakan tema default saja, Sementara. ( SILAHKAN BUAT BLOG )


5. Setelah itu akan masuk ke dalam blogger pertama kamu.
  • Jika kamu menemukan 'Google Domains Beta', Silahkan Klik lain kali untuk melajutkan ke halaman utama blogger.com
  • Kalau kamu ingin membeli atau ingin menghapus .blogspot.com silahkan gunakan Google Domain untuk membeli Domain TLD, yang sangat murah sesuai dengan kebutuhanmu.
6. Untuk sementara silahkan klik lainkali saja! Jika blog kamu sudah jadi dan beginilah tampilan halaman utama Blogger.com


Alat-alat dalam halaman utama Blogger.com
  1. Postingan : Fungsinnya untuk membuat artikel/postingan baru 'Judul yang akan muncul dalam search enggine google jika kamu sudah membuat postingan. Contohnnya 'Cara Membuat Blog'.
  2. Statistik : Berfungsi untuk mengontroll pemirsa/pengunjung blog yang datang di blog kamu.
  3. Komentar : Orang yang berkomentar/memberikan saran dalam artikel yang sudah kamu buat.
  4. Kampanye : Jika kamu ingin membuat iklan di Google, kamu bisa menggunakan alat ini.
  5. Laman : Sering digunakan untuk membuat seperti 'About, Contact, Privacy dll.'
  6. Tata Letak : Berujuan mengatur tampilan blog kamu secara instant.
  7. Tema : Untuk mengupload template baru atau mengedit template.
  8. Setelan : Pengaturan dalam blog, Berupa 'Judul, Deskripsi, Alamat Blog, dan Sebagainnya. 
  9. Daftar Bacaan : Jika kamu ingin mengikuti blog lain, Maka postingan baru di blog mereka akan muncul pada Daftar bacaan ini. Biasannya seperti 'Notifikasi' dll.
  10. Bantuan : Untuk mendapatkan bantuan, Jika kamu tidak mengerti dalam blog.
Kesimpulan

Membuat blog itu sebenarnnya sangat mudah, Masih banyak lagi yang harus kamu lakukan jika ingin lebih mendalami Blogger. Beberapa yang harus dan wajib kamu dalami dalam pembelajaran adalah teknik SEO atau Search Enggine Optimasi, Yang bertujuan untuk mendapatkan pengunjung lebih banyak dan original dari 'Google,Bing,Yahoo' dan Search Enggine Lainnya.

Sebelumnya saya sebagi admin mengucapkan terimakasih karena telah membaca artikel saya tentang membuat blog. Tunggu artikel selanjutnnya dari blog saya, Pasti akan lebih menyenangkan untuk anda yang ingin lebih mengenal blogger, Saya bisa memberikan ilmu sedikit-sedikit yang bisa membantu kamu dalam memulai blog bisnis di internet.


Sumber https://miwikidsgn.blogspot.com/