Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Trik Desain Grafis Yang Membuatmu Menjadi Desainer Pro

 Trik Desain Grafis Yang Membuatmu Menjadi Desainer PRO 9 Trik Desain Grafis Yang Membuatmu Menjadi Desainer PRO

Saya bukanlah seorang desainer prefessional, saya hanya seorang pemula yang masih belajar. Atau saya bukan seorang desainer saya hanya kebetulan menerima kiprah mengerjakan sebuah desain. Lantas bagaimana semoga saya sanggup menghasilkan desain yang terlihat professional ?

Jawaban yang niscaya ialah pengalaman, seorang desainer professional juga dulunya seorang pemula, hanya saja beliau memulai terjun kedunia desain lebih dulu ketimbang Anda hanya itu kelebihannya. Setidaknya bisakah seorang pemula atau non-desainer menghasilkan desain sekelas Professional ?. Tentu!, ada beberapa tips dan trik yang sanggup Anda lakukan untuk menghasilkan desain yang keren, tidak hanya membuat desain pro tetapi juga membuat Anda terlihat ibarat seorang desainer grafis professional.

Hal inilah yang akan dibahas pada artikel ini, cara-cara berikut ini sanggup dibilang Simple Hack selain gampang di fahami juga sangat gampang untuk diaplikasikan. Berikut beberapa tips dan trik yang sanggup Anda coba untuk membuat Anda terlihat ibarat desainer PROFESSIONAL.

Baca Juga :





1. Bermain Dengan Font

Menggunakan font memang ialah salah satu hal yang paling umum dalam desain grafis, teruta desain dengan konten penting ibarat promosi dan sebagainya misal brosur, poster, majalah dan lainnya.

Meskipun sudah menjadi hal yang umum, Anda sanggup memaksimalkan penggunaan font untuk menghasilkan desain yang menarik. Yaitu dengan menentukan serta mengkombinasikan font yang sempurna untuk desain Anda, hukum sederhananya ialah menentukan font dengan kontras warna tinggi antara satu dengan font yang lain (font pendukung), ini akan membantu menyeimbangkan elemen satu sama lain sembari tetap membuat desain Anda terlihat manis dan menarik.

9 Trik Desain Grafis PRO - Bermain Dengan Font

Peningkatan kontras antara 2 tipografi dengan membuat ukuran judul lebih besar dari subteks serta memakai warna cerah membuat desain terlihat cocok dengan backgroundnya serta terlihat menarik dimata audiens tentunya.

2. Sesuaikan Warna Desain dan Warna Latar

Menciptakan harmoni warna juga salah satu cara yang efektif untuk membuat desain Anda terlihat lebih menonjol, caranya ialah dengan mencocokan warna yang Anda gunakan untuk elemen grafis Anda (seperti font atau teks) dengan gambar latar belakang.

Anda sanggup menemukan warna yang sempurna dari sebuah gambar dengan memakai tools coclor picker atau pada CorelDRAW dinamakan Tools Eyedropper yang akan pribadi memperlihatkan Anda arahan warna yang tepat.

9 Trik Desain Grafis PRO - Bermain Dengan Warna Latar

Dalam teladan diatas, memakai warna yang harmonis dengan gambar latar membantu membuat konten utama dari desain tersebut terlihat menonjol, ini menjadi salah satu trik yang harus Anda gunakan dalam desain Anda nantinya.

3. Gunakan Efek Transparan

Penguunaan imbas transparan terutama pada ikon sanggup membuat hasil desain Anda menjadi lebih menarik, sebagaimana teladan dibawah ini :

9 Trik Desain Grafis PRO - Gunakan Efek Transparan

Dalam teladan diatas bentuk ikon dibentuk lebih transparan, ditambah dengan memainkan tipografi menghasilkan konten desain yang lebih gampang terbaca oleh audiens, silahkan bereksperimen dengan imajinasi Anda.

4. Perbaiki Warna Gambar Anda

Memastikan gambar Anda terlihat alami, bagus/cerah ialah penggalan penting dari proses desain grafis. Salah satu cara melaksanakan ini ialah dengan mengatur contras, keterangan dan saturasi yang mengacu pada intensitas warna dalam gambar.

9 Trik Desain Grafis PRO - Perbaiki Warna Gambar Anda

Diatas merupakan salah satu teladan gambar yang sudah diatur warnanya, tentu akan terlihat lebih terperinci dari pada gambar awal dan lebih cocok dijadikan background ketimbang gambar asalnya.

5. Gunakan Elemen yang Konsisten

Konsistensi ialah salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai seorang desainer ketika memakai warna, font, logo & gambar. Perhatikan teladan dibawah ini :

9 Trik Desain Grafis PRO - Gunakan Elemen yang Konsisten

Tata letak yang konsisten ibarat penempatan teks, penggunaan tipografi dan palet warna akan besar lengan berkuasa pada evaluasi audiens terhadap desain Anda, semua hal yang konsisten pasi disukai banyak orang. Maka Terapkanlah hal ini pada desian Anda, jadikan hal ini menjadi ciri khas dari desain Anda, orang akan menganggap Anda Professional.

6. Tampilkan Desain Seperti File Presentasi

9 Trik Desain Grafis PRO - Tampilkan Desain Seperti Presentasi

Jika desain yang Anda buat melibatkan angka dan data, maka Icon dan Elemen Infografis ialah tools terhebat yang digunakan. Singkatnya, bentuk persentase dan diagram bundar ialah beberapa cara terbaik untuk membuat desain yang terlihat menarik dan informatif pada ketika yang sama.

Lihat pada teladan dibawah ini :

9 Trik Desain Grafis PRO - Tampilkan Desain Seperti Presentasi

7. Gunakan Grids Untuk Gambar Anda

9 Trik Desain Grafis PRO - Gunakan Grids Untuk Gambar Anda

Grids merupakan cara cepat & gampang untuk membuat tata letak desain kelas dunia tanpa memakai template desain. Serta, juga memudahkan proses pengeditan desain Anda menjadi lebih rapi dan terstruktur. Sebagian besar desainer pemula beranggapan bahwa Grids bersifat membatasi imajinasi mereka untuk mencoba sesuatu yang lebih menantang, tetapi ketika mereka secara visual menemukan manfaatnya, Grids akan menjadi sangat berkhasiat bagi mereka.

8. Berikan Space/Ruang Kosong pada Desain


Hal ini penting, Jika Anda perhatikan desain-desain yang berkelas(professional) rata-rata tidak pernah memenuhi seluruh elemen dengan content, niscaya mereka menyediakan lebih banyak ruang kosong semoga pembaca tidak kebingungan dan cepat melelahkan mata serta membuat fokus Audien ke satu titik yaitu content utama.

Untuk lebih jelasnya perhatikan perbedaan antara dua gambar desain di bawah ini dan nilailah desain mana yang lebih manis berdasarkan Anda, apakah desain yang simple yang lebih memperhatikan space kosong atau desain yang full konten :

9 Trik Desain Grafis PRO - Berikan Space/Ruang Kosong
9 Trik Desain Grafis PRO - Berikan Space/Ruang Kosong

9. Amati, Tiru dan Modifikasi

9 Trik Desain Grafis PRO - Amati, Tiru dan Modifikasi

Era ini siapa yang tidak menyalin, itu ialah hal yang masuk akal dan rata-rata desainer pro juga menyalin dalam tanda kutif mencari ide dari karya orang lain, tidak menyalin secara keseluruhan sebab itu namanya plagiat.

Sebagai seorang pemula atau orang yang tidak faham desain satu-satunya cara terbaik untuk berguru ialah dengan mengamati karya orang lain atau desainer yang sudah pro sebagai materi pembelajaran. Seperti sub judul ini, amati karya orang lain kemudian tiru dan modifikasi karya tersebut sehingga menjadi sebuah karya gres yang independen (dengan syarat menggandakan karya tersebut tidak lebih dari 30%). Tidak menutup kemungkinan karya Anda akan menjadi ide bagi desainer lain kedepannya.

Untuk mencari ide desain yang manis Anda sanggup memakai Pinterest, behance, atau Dribbble serta situs-situs desain kreatif lain. Banyak sekali karya-karya menarik yang sanggup Anda jadikan ide desain Anda disana.

Semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan menginspirasi Anda.