Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Download Video dari Youtube tanpa Aplikasi/Software Tambahan


Setiap pengguna internet saat ini pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Youtube. Ya, produk yang telah diakusisi oleh Google ini menyediakan berbagai macam video untuk dapat dilihat oleh penggunanya. Tak heran jika Youtube sekarang menjadi aplikasi populer di dunia maya, bahkan bisa mengalahkan Televisi untuk menyiarkan informasi.

Di samping memberikan kemudahan mengakses video dengan gratis, Youtube juga menyediakan fitur yang namanya 'Offline Video'. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh video yang ada di dalam Youtube dengan gratis, namun tidak semua channel memberikan akses untuk mengunduhnya. Dan kelemahannya, video offline tersebut tidak bisa tersimpan di galeri atau penyimpanan, namun tersimpan di dalam Youtube itu sendiri dan juga dibatasi waktu penggunannya selama 30 hari. Jika itu sudah melewati batas, maka pengguna harus mengunduhnya lagi.

Lantas, bagaimana cara mengunduh video dari Youtube agar tersimpan di galeri dengan mudah?

Ada dua cara, yaitu dengan menggunakan aplikasi atau software tambahan yang khusus untuk mengunduh video dari Youtube dan menggunakan situs yang ada di internet.

Kalian bisa menggunakan beberapa cara tersebut dengan gratis. Kali ini saya tidak menggunakan aplikasi ataupun software tambahan, namun saya akan menggunakan situs yang ada di internet. Cara yang satu ini bermanfaat sekali bagi kalian yang memiliki penyimpanan yang sedikit.

#RESTEPS

Langsung saja untuk langkah-langkah untuk mengunduh video dari youtube dengan menggunakan situs yang ada di internet, berikut:

Dapatkan Tautan atau Link Video

Sebelum kita mengunduh videonya, kita cari dan dapatkan dulu tautan atau link dari video Youtube yang akan kita unduh.
  1. Dengan cara pilih tombol 'Bagikan' atau 'Share' pada video
  2. Akan muncul tampilan yang berisi beberapa cara untuk membagikan link video tersebut
  3. Di bagian bawah tampilan itu, pilih 'Salin' atau 'Copy'
  4. Link sudah kita dapatkan.

atau
  1. Salin link yang terdapat pada bagian atas browser kalian
  2. Link sudah kita dapatkan

Proses Mengunduh Video

Ada banyak sekali situs di internet untuk mengunduh video dari youtube, salah satunya yang sering saya gunakan yaitu y2mate.com. Situs ini memiliki fitur yang berbeda dengan situs yang lainnya, yaitu kalian bisa memilih kualitas dari video tersebut. Dan juga bisa untuk mengunduh versi mp3 atau audio dari video tersebut. Langkah-langkahnya pun sama saja, baik versi PC ataupun Mobile. Tapi, kali ini saya menggunakan versi PC, sama saja kok.

1. Buka situs dari Y2MATE ini (bisa kalian klik tulisannya) pada browser kalian. Kalian akan dihadapkan tampilan awal dari situs Y2MATE, bisa kalian lihat seperti di bawah ini.

2. Di tampilan awal tersebut, terdapat sebuah kolom yang berisi tulisan 'Cari atau paste link di sini...'. Kalian bisa menulis judul dari video yang akan kita unduh atau menempel (paste) link yang kita cari tadi. Jika sudah klik 'Start'.

3. Selanjutnya, kalian akan dihadapkan menu lagi yang berisi beberapa pilihan kualitas dari video tadi. Silahkan kalian bisa pilih kualitas atau resolusi video tadi, semakin besar kualitasnya, semakin besar pula ukurannya. Jika sudah memilih, klik tombol 'Download' yang berada di sampingnya.

4. Video akan otomatis langsung memulai pengunduhan
5. Jika tidak langsung terunduh dan malah muncul jendela baru seperti dibawah ini, kalian silahkan tekan Ctrl + S , atau klik kanan pada mouse dan pilih 'Save As'. Selanjutnya pilih folder tujuan dan klik 'Save'. (biasanya muncul pada versi PC)

6. Video akan memulai unduhannya.

Sekian tutorial yang dapat saya sampaikan. Jika ada pertanyaan mengenai di atas, jangan lupa untuk komentar di bawah. Salam!

Sumber https://rikyeka.blogspot.com/