Soal Perspektif Global Lengkap Jawaban
Latihan Soal Pilihan Ganda Materi Perspektif Global Beserta Jawaban
- Secara alamiah, kondisi, dan fisik maupun kehidupan sosial insan dipermukaan bumi beraneka ragam, sehingga secara rasial sanggup dibedakan. Yang termasuk pada ras kuning yakni ....
a. Negroid
b. Kaukasoid
c. Mongoloid
d. Indian - Menurut Merry M. Marryfield terdapat isu-isu yang terkait dengan dilema global salah satunya yakni self determination yang berarti ....
a. Hak rakyat memilih pemerintahan sendiri
b. Penduduk dan keluarga berencana
c. Hak asasi manusia
d. Emigrasi, imigrasi, dan pengungsian - Keterbatasan lapangan pekerjaan di tanah air menyebabkan penduduk Indonesia mencari pekerjaan ke negara Malaysia, masuknya penduduk ke negara tersebut disebut ....
a. Emigrasi
b. Transmigrasi
c. Urbanisasi
d. Imigrasi - Dalam perkembangan dunia, setiap negara daat digolongkan pada masing-masing golongan tergantung pada tingkat kemampuan menguasai IPTEK dan mengolah sumber daya alam bagi kepentingan kemakmuran penduduknya . Adapun yang termasuk pada golongan negara sedang berkembang yakni ....
a. Republik Afrika Selatan
b. Ghana
c. Ethiopia
d. Banglades - Bergulirnya globalisasi yang telah merambah diberbagai bidang kehidupan termasuk di dalamnya jenis-jenis masakan yang telah mengglobal yang dikelola oleh perusahaan tingkat dunia yaitu ....
a. Hanamasa
b. Pizza Hut
c. Biskuit
d. Roti - Kehiduan yang sudah mengglobal ternyata telah menyisakan kemiskinan sampai 40 % dari penduduk dunia yang ada dalam tingkat kemiskinan yang serius, kemiskinan ini menyangkut kebutuhan ....
a. Pendidikan
b. Ekonomi
c. Perumahan
d. Kendaraan - Bagi masyarakat lapisan bawah yang lemah sangat sukar untuk mendapat perlakuan dan pelayanan HAM-nya secara wajar, hal ini tertuang dalam "Hak Asasi Manusia dalam Masyarakat dunia" yang disunting oleh ....
a. Makagiansar
b. T. Mulya Lubis
c. Hamijoyo
d. HAR Tilaar - Dalam kehidupan di kala global bahwa kita harus berpikir secara global dan bertindak secara lokal. Ungkapan ini dikemukakan oleh ....
a. Parker dan Jarolimek
b. Marry M. Marryfield
c. G. Foley
d. Bartelmus - Dalam Pemberajaran IPS, penyajian bahan perspektif global tidak akan kehabisan bahan untuk dibahas dan tidak lagi mengalami kesulitan mengingat sumber bahan sanggup diperoleh dari ....
a. Sekolah
b. Lingkungan rumah
c. Tingkat lokal atau global
d. Bahan bacaan - Dengan berhasilnya perkembangan teknologi, membuktikan bahwa korelasi antarkawasan atau negara seolah tidak ada batas lagi. Oleh seorang tokoh hal ini disebut sebagai ....
a. Perspektif global
b. Dusun global
c. Kepemilikan global
d. Batas global - Secara ideal sumber daya Alam (SDA) sanggup menjamin kesejahteraan masyarakat dan sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya insan (SDM) dalam membuatkan budaya dalam bentuk penerapa IPTEK. Hal ini sesuai dengan pendapat dari ....
a. Henry J. warman
b. Emanuel Kant
c. Mac Cluhan
d. Muesing - Proses globalisasi yang tidak mengenal batas dan ruang dan batas waktu, faktor utamanya disebabkan oleh ....
a. Gaya hidup dan kegiatan manusia
b. Perilaku insan dengan segala akibatnya
c. Penduduk insan dengan pertumbuhannya
d. Eksploitasi insan terhadap sumber daya alam - Masyarakat yang mengolah rotan menjadi barang jadi ibarat kursi, meja bahkan menjadi barang perdagangan luar negeri. Kegiatan ini sanggup dikatakan telah memasuki industri ....
a. Primer
b. Sekunder
c. Tertier
d. Kuliner - Seorang pakar filsafat yang juga sejarawan dan geografiwan yang mengemukakan bahwa sejarah dan geografi merupakan "ilmu dwitunggal". Tokoh tersebut yakni ....
a. Emmanuel Kant
b. Preston E. James
c. Henry J. Warman
d. Gerald Foley - Penerapan model pembelajaran perspektif global dengan cara memperhatikan hakikat dasar mental yang menempel pada diri siswa diantaranya yakni ....
a. Dorongan ingin tahu yang harus dilayani dan dikembangkan
b. Memberi latihan dari yang sederhana ke arah yang kompleks
c. Mengajukan pertanyaan kepada siswa mengenai fenomena yang kontroversial
d. Memberi kiprah kepada siswa mulai dari kepatuhan sampai ketepatan waktu - Suatu proses pengajaran aspek konotatif dari konsep-konsep kegiatan merupakan ....
a. Strategi training konsep
b. Pembinaan konsep
c. Penerapan konsep
d. Evaluasi konsep - Membuat daftar, mengelompokkan ibarat menciptakan tabel oleh John Jarolimek dimasukkan dalam training konsep tertuang dalam taktik ....
a. Pertama
b. Kedua
c. Ketiga
d. Keempat - Evaluasi berkenaan dengan suatu penerapan yang dilakukan untuk mengungkapkan mutu atau hasil, definisi tersebut dikemukakan oleh ....
a. John W. Best
b. Loren Bagus
c. Alexander Graham Bell
d. Steiner - Membuat laporan presentasi akseptor didik berkenaan dengan hasil pembelajaran yang harus diketahui oleh orang renta masing-masing, hal tersebut termasuk dalam ....
a. Hakikat evaluasi
b. Asas evaluasi
c. Fungsi evaluasi
d. Tujuan evaluasi - Membuat kisi-kisi tes tertulis dalam rancangan mekanisme dan alat penilaian hasil pembelajaran perspektif global termasuk dalam ....
a. Tujuan evaluasi
b. Sasaran evaluasi
c. Prosedur evaluasi
d. Alat evaluasi - Kelompok Roma yang telah mencanangkan dilema keterbatasan kemampuan planet bumi menjamin kehidupan, kalau tidak dilakukan upaya-upaya mengenai pembatasan pertumbuhan penduduk dan menekan kebutuhan hidup sampai batas minimal. Tesisnya populer dengan judul ....
a. Perspectives of Global Education
b. Environment ang Development
c. The Limit to Growth
d. New Viewpoints in Geography - Suatu kondidi yang menggambarkan norma dan nilai telah tersusun dalam struktur tata tertib, peraturan, hukum, dan undang-undang tertulis "hitam di atas putih" merupakan ciri negara yang ....
a. Sangat modern
b. Modern
c. Tradisional
d. Terbelakang - Dalam pembelajaran IPS salah satu yang perlu diperhatikan yakni konteks keruangan. Ada beberapa pengembangan terkait dengan keruangan yaitu ....
a. Mempertahankan diri
b. Memperhatikan konteks lingkungan
c. Membiarkan lingkungan
d. Merekayasa lingkungan - Pembinaan konsep dalam menanamkan banyak sekali pengertian wacana perspektif global ibarat fenomena warta dan dilema kontroversial, oleh lantaran itu dalam proses pembelajaran hal ini termasuk dalam ....
a. Metode yang diterapkan
b. Strategi yang diterapkan
c. Media pengajaran yang diterapkan
d. Teknik penilaian yang diterapkan - Melakukan karyawisata dalam rangka membuatkan kemampuan observasi menemukan realita, dan mengalami pribadi kehidupan bagi siswa, hal tersebut merupakan proses kegiatan pembelajaran dengan menerapkan ....
a. Evaluasi
b. Strategi
c. Media
d. Metode
Jawaban:
- c. Mongoloid
- a. Hak rakyat memilih pemerintahan sendiri
- d. Imigrasi
- a. Republik Afrika Selatan
- b. Pizza Hut
- c. Perumahan
- b. T. Mulya Lubis
- a. Parker dan Jarolimek
- c. Tingkat lokal atau global
- b. Dusun global
- a. Henry J. warman
- c. Penduduk insan dengan pertumbuhannya
- c. Tertier
- a. Emmanuel Kant
- a. Dorongan ingin tahu yang harus dilayani dan dikembangkan
- b. Pembinaan konsep
- a. Pertama
- a. John W. Best
- d. Tujuan evaluasi
- c. Prosedur evaluasi
- c. The Limit to Growth
- b. Modern
- b. Memperhatikan konteks lingkungan
- b. Strategi yang diterapkan
- d. Metode