Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pidato - Pengertian

Definisi Pidato Menurut Para Ahli dan Secara Umum
  1. Arsjad: pidato adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan serta menanamkan berbagai gagasan entah itu pikiran, informasi atau gagasan dari pembicara kepada orang banyak dan bertujuan supaya pendengar yakin terhadap gagasan yang telah disampaikan
  2. Bena Putra Wijaya: pidato atau yang kita kenal sebagai public speaking adalah sebuah penyampaian, ajakan, maupun penyebarluasan mengenai sesuatu kepada banyak orang dan dihadapan umum baik yang tercantum dalam naskah maupun tidak, yang tersusun secara sistematis. Kemahiran dalam berpidato biasa disebut retorika atau oratori, sedangkan orang yang berpidato disebut retor atau orator.
  3. Depdikbud: Pidato adalah mengungkapkan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak
  4. Emha Abdurrahman: pidato adalah penyampaian uraian atau pendapat yang dilakukan secara lisan mengenai sesuatu hal (masalah) dengan mengutarakan uraian permasalahan dengan kalimat yang sejelas jelasnya di hadapan massa atau orang yang banyak pada suatu waktu tertentu.
  5. Gilbert: pidato merupakan suatu aktivitas yang dilakukan untuk mengungkapkan pikiran, ide, maupun gagasan secara lisan. Yang disampikan melalui serangkaian kata-kata maupun kalimat pada khalayak dengan memiliki tujuan tertentu.
  6. Hadinegoro: pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak, atau wacana yang disiap­kan untuk diucapkan di depan khalayak, dengan maksud agar para pendengar dapat mengetahui, memahami, menerima serta diharapkan bersedia melaksana­kan segala sesuatu yang disampai­kan kepada mereka 
  7. Karomani: Pidato umumnya ditujukan kepada orang atau sekumpulan orang untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar dan lain sebagainya.
  8. KBBI: pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak. Wwacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak
  9. Nazir: pidato merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk berorasi di depan umum dalam rangka menyampaikan pendapat. Bukan hanya pendapat saja yang disampaikan, namun juga gagasan seorang individu terhadap suatu hal atau kondisi yang sedang berkembang saat ini.
  10. Syam: pidato adalah teknik berbicara dengan pemakaian kata-kata atau bahasa secara efektif, yaitu menampilkan keterampilan atau kemahiran dalam melakukann pememilihan kata yang dapat memberikan pengaruhi terhadap pendengar.
  11. Wikipedia: pidato ialah suatu kegiatan berbicara di muka umum atau melakukan suatu orasi dengan tujuan untuk menyatakan pendapat atau gambaran mengenai suatu hal.