Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aset - Pengertian

Definisi Aset/Aktiva Menurut Para Ahli dan Secara Umum
  1. Djarwanto PS: Aktiva merupakan bentuk dari penanaman modal perusahaan, bentuk- bentuknya dapat berupa harta kekayaan atau hak atas kekayaan atau jasa yang dimiliki perusahaan yang bersangkutan.
  2. FASB: Pengertian aset dalam kerangka konseptualnya (SFAC No. 6, prg. 25) adalah sebagai manfaat ekonomik masa depan yang cukup pasti yang diperoleh atau dikuasai/ dikendalikan oleh suatu entitas sebagai akibat transaksi atau kejadian masa lalu.
  3. Gill: Aktiva (Assets) ialah uang tunai, barang dagangan, tanah, bangunan/gedung, dan peralatan atau sejenisnya yang bernilai, yang dimiliki oleh perusahaan”
  4. Hidayat: Pengertian aset adalah barang atau benda yang bergerak dan juga tidak bergerak, baik yang berwujud (tangible) maupun yang tidak berwujud (intangible), dimana keseluruhan hal tersebut mencakup aset atau harta aset dari suatu organisasi, instansi, badan usaha, ataupun perorangan.
  5. IAI: Pengertian aset adalah sumber daya yang dikuasi oleh perusahaan sebagai akibat dari kejadian yang terjadi pada masa lalu dan mendatangkan manfaat ekonomis di masa depan bagi perusahaan
  6. IASC: Pengertian aset adalah suatu sumber daya yang dikendalikan oleh perusahaan sebagai hasil kejadian masa lalu dimana diharapkan perusahaan akan mendapatkan manfaat ekonomis di masa depan.
  7. IFRS: Definisi aset adalah suatu sumber yang dikendalikan oleh entitas sebagai akibat dari peristiwa masa lalu (misalnya menciptakan sendiri atau membeli) dan dari manfaat ekonomis masa depan (arus kas masuk dan aset lain) yang diharapkan.
  8. KBBI: Aset adalah (harta) kekayaan, baik yang berupa uang maupun benda lain yang dapat dinilai dengan uang ataupun yang tidak berwujud secara nyata, seperti hak paten
  9. Mamduh M. Hanafi: Aktiva adalah sumber daya yangdikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan darinya manfaat ekonomi dimasa depan diharapkan akan diraih oleh perusahaan 
  10. Martani: Aset adalah sebagai sumber daya yang dikuasai oleh entitas sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan darimana manfaat ekonomi di masa depan diharapkan  akan diperoleh
  11. Munawir:  Pengertian aset adalah sarana atau sumber daya yang memiliki nilai ekonomis yang mampu menunjang perusahaan dalam harga perolehnnya atau nilai wajarnya harus diukur secara objektif.
  12. Pedoman Akuntansi BUMN 2011: Bahwa definisi suatu aset merupakan sumber daya yang dikendalikan oleh entitas sebagai akibat dari kejadian yang telah terjadi di masa lalu dan memiliki manfaat ekonomi di masa depan yang diharapkan dapat memberi manfaat oleh perusahaan.
  13. PSAK No. 16 revisi tahun 2011: Pengertian aset adalah semua kekayaan yang dimiliki oleh seseorang atau perusahaan, baik berwujud maupun tidak berwujud yang berharga atau bernilai yang akan mendatangkan manfaat bagi seseorang atau perusahaan tersebut.
  14. SAP: Bahwa definisi suatu aset adalah sumber daya yang mampu memberikan manfaat ekonomi atau sosial yang dikuasai atau dimiliki oleh pemerintah dan dapat diukur dalam satuan uang, khususnya sumber keuangan non keuangan. diperlukan dalam penyediaan layanan kepada masyarakat umum dan sumber daya yang dipelihara karena beberapa alasan seperti sejarah dan budaya.
  15. Scanning: Aset merupakan jasa yang akan datang dalam bentuk jasa atau uang dimasa mendatang yang bisa ditukarkan menjadi uang (kecuali jasa yang timbul dari kontrak yang belum dijalankan kedua pihak secara sebanding) yang di dalamnya terkandung kepentingan yang bermanfaat yang dijamin menurut hukum atau keadilan.
  16. Siregar: Pengertian aset adalah barang (thing) atau sesuatu barang (anything) yang memiliki nilai guna atau ekonomi (economic value), nila komersial (commercial value) atau nilai tukar (exchange value) yang dimiliki oleh suatu badan usaha, instansi atau perorangan.
  17. Skoussen dkk: aktiva adalahkemungkinan keuntungan ekonomi di masa depan yang diperoleh atau dikontrol oleh entitas tertentusebagai hasil dari transaksi atau kejadian dimasa lalu
  18. Standar Pelaporan Keuangan Internasional: Bahwa definisi aset didefinisikan sebagai "aset adalah sumber daya yang dikendalikan oleh perusahaan sebagai hasil dari kejadian masa lalu dan dari mana manfaat ekonomi diharapkan mengalir ke perusahaan
  19. Sugiri dan Sumiyana: Aktiva ialah manfaat ekonomik dimasa mendatang yang cukup pasti, yangdiperoleh atau dikuasai oleh entitas tertentu sebagai hasil dari transaksiatau peristiwa masa lampau.”
  20. Wikipedia: Aset adalah sumber ekonomi yang diharapkan memberikan manfaat usaha di kemudian hari. Aset dimasukkan dalam neraca dengan salso normal debit.
  21. Yusuf: Aktiva adalah sumber-sumber eknomi yang dimiliki perusahaan yang biasadinyatakan dalam satuan uang”
  22. Zaki Baridwan: Aktiva atau harta adalah benda baik yang memiliki wujud maupun yang semu dan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan yang diharapkan diperoleh manfaat ekonomisnya”.