Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Blogger : Tuangkan Imajinasimu dalam Tulisan


Setiap orang pasti mengalami peristiwa yang mengesankan dalam hidupnya. Dan pasti setiap orang akan berusaha untuk menjadikannya kenangan agar bisa terus abadi. Kenangan bisa berupa tulisan, gambar, atau video. Tak dipungkiri perlu adanya sebuah wadah untuk bisa menuangkannya. Salah satunya yang paling banyak digunakan saat ini adalah Blogger.

Blogger merupakan sebuah platform yang memungkinkan pengguna internet untuk membuat, melihat, atau bahkan mendapatkan uang. Pyra Labs, perusahaan yang membuat Blogger ini memberikan beberapa fitur yang menarik dan sangat mudah digunakan oleh penggunanya. Sejak diakusisi oleh Google pada pada tahun 2003, mulai ditambahkan fitur yang tentunya menambah kegunaan platform ini.

Seperti pengkoneksian dengan Google + yang memungkinkan pengguna dapat men-tag teman atau mempromosikan di aplikasi yang dimiliki oleh Google ini. Tambahan fitur Adsense, akan membuat Blogger menjadi ladang bisnis para penulis di dunia. Tidak jarang orang setiap bulan mendapatkan uang hanya menulis artikel di blog.

Beberapa manfaat Blogger

Beberapa manfaat menggunakan Blogger :
1. Publikasikan tulisan anda sesuai selera
Kalian bisa mempublikasikan hasil tulisan kepada dunia dengan mudah dan gratis. Tidak perlu biaya sepeser pun. Dan tentunya sangat mudah digunakan.

2. Pilih desain template yang sempurna dan menarik
Untuk memperindah tampilan blog, blogger menyediakan berbagai macam template yang gratis digunakan. Kalian tinggal memilih mana yang menarik untuk dilihat, mulai dari tata letak, widget, foto header, dan sejenisnya. Selain template bawaan dari Blogger, juga bisa menggunakan template yang dapat kalian download di google. Banyak situs yang menyediakan template, mulai dari yang premium atau berbayar, sampai yang gratis pun banyak disediakan.

3. Dapatkan domain gratis
Di dalam Blogger ini kalian akan disediakan satu domain gratis, yaitu blogspot.com . Kalian juga bisa membeli domain disini dengan mudah dan cepat.

4. Dapatkan uang
Blogger bekerja sama dengan Google Adsense untuk menyediakan iklan bagi pengguna yang ingin mendapatkan pemirsa lebih banyak. Caranya pun sangat mudah. Dan hasilnya pun tidak akan mengecewakan. Kalian tinggal mendaftar akun adsense dan hanya membayar ketika ada yang mengeklik iklan anda.

5. Kenali audiens
Selain bekerja sama dengan Google Adsense, Blogger juga bekerja sama dengan Google Analytic. Pengguna akan dapat melihat jumlah statistik dimana saja dan kapan saja. Aplikasi Google Anaytic dapat diunduh di Google Play Store secara gratis. Tentunya data yang di sediakan sangat detail dan akurat.

6. Jaga kenangan anda
Tulisan, foto, video, ataupun yang lainnya juga dapat anda lihat dikemudian hari di Blogger ini. Blogger akan tetap menjaga data selama pengguna masih menggunakan akunnya. Jadi, jangan khawatir jika dikemudian hari anda kehilangan kenangan anda. Cukup unggah dan lihat di Blogger, semua akan terjaga aman.

Bagaimana tertarik menggunakan Blogger? Setelah melihat keunggulan atau manfaat yang terdapat di Blogger ini, kalian pastinya tertarik menggunakan platform ini. Cuma iseng-iseng saja jika dilakukan dengan tekun akan menghasilkan hasil yang memuaskan.

Bagaimana cara membuat blog di Blogger?
Tenang, disini saya akan berbagi pengalaman menggunakan platform Blogger ini. Bagaimana cara membuatnya, saya akan jelaskan dan tentunya mudah dilakukan. Hanya 4 langkah. Cukup singkat bukan?

Untuk membuat blog di Blogger, kalian harus mempunyai akun Google terlebih dahulu. Jika belum punya, silahkan mendaftar di AKUN GOOGLE atau langsung mengunjungi situs google.

Langkah - Langkah membuat blog di Blogger :
1. Buka browser atau peramban kalian, baik itu di PC atau Mobile juga bisa. Disini saya menggunakan versi mobile-nya. Tulis alamat atau url blogger, yaitu http://www.blogger.com . Kalian akan dihadapkan pada tampilan utama blogger. Pilih tulisan "Buat Blog".
Tampilah Menu Utama Blogger

2. Kemudian silahkan login dengan akun google kalian. Dengan memasukkan alamat e-mail dan password kalian. Lalu pilih "Masuk".
Masuk ke akun Google

3. Jika sudah selesai login, Blogger akan mengonfirmasi profil anda dengan 2 opsi, yaitu dengan menggunakan Google + dan menggunakan profil Blogger. Tinggal pilih yang mana.
Profil Google + atau Profil Blogger
Disini saya akan memilih opsi "Profil Blogger", lalu masukkan nama anda sebagai nama tampilan di blog anda nanti. Lalu pilih "Lanjutkan Ke Blogger".
Profil Blogger

4. Kita tiba di penghujung pembuatan blog, nanti akan muncul menu atau tampilan terakhir pembuatan blog. Silahkan pilih tombol "Buat Blog Baru" di bagian bawah.
Menu terakhir pembuatan Blog
Lalu akan muncul menu lagi yang terdapat kolom yang wajib kalian isi, seperti :
a. Judul : Isilah pada kolom ini nama Blog anda, misal namanya CONTOH BLOG
b. Alamat : Isikan dengan nama alamat blog anda dengan akhiran ada tulisan .blogspot.com tanpa spasi. Disebelahnya nanti ada simbol yang berbeda setelah anda mengisinya. Jika simbolnya berbentuk "Tanda Seru warna kuning", berarti nama alamatnya itu sudah digunakan oleh pengguna lain (tidak tersedia) dan anda harus menulis alamat yang berbeda sampai simbolnya berubah bentuk menjadi "Tanda Centang warna biru" (tersedia)
c. Tema : Anda dapat memilih tema atau template yang akan diterapkan pada blog anda. Banyak template yang disediakan oleh Blogger dan tentunya Gratis.

Setelah semua ke isi, pilih tombol "Buat Blog!". Dan, selamat blog anda telah selesai.
Alamat blog sudah digunakan pengguna lain 

Alamat bisa digunakan atau sudah tersedia

Blog anda telah selesai dibuat, nanti akan terdapat menu-menu yang disediakan oleh Blogger untuk mengelola blog yang telah dibuat, seperti Postingan, Statistik, Komentar, Kampanye, Halaman, Tata Letak, Tema, Setelan, Daftar Bacaan, dan Bantuan.
Dashboard Blogger

Bagaimana mudah kan caranya?
Semuanya dimulai dari diri anda sendiri. Setiap satu langkah anda menentukan nasib anda kedepannya. Dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Sumber https://rikyeka.blogspot.com/