CONTOH RPP BERBASIS STEM MODEL PEMBELAJARAN PjBL-STEM MAPEL IPA SMP
CONTOH RPP BERBASIS STEM
A. Identitas
1. Sekolah : SMP
2. Mata Pelajaran : IPA
3. Kelas/Semester : VII (Tujuh)/I (Satu)
4. Materi Pokok : Tata Surya
5. Alokasi Waktu : 2 JP x 40 Menit
B. Kompetensi Inti (KI)
C. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD 3 | IPK KD3 |
Menganalisis sistem tata surya, rotasi dan revolusi bumi, rotasi dan revolusi bulan, serta dampaknya bagi kehidupan di bumi | · Mendeskripsikan rotasi,revulusi bumi serta peristiwa yang dilibatkanya. · Mencari informasi tentang perubahan musim yang terjadi di bumi bagian utara (BBU) dan bumi bagian selatan (BBS) |
KD 4 | IPK KD 4 |
Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan di bumi, berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran berbagai sumber informasi |
|
D. Tujuan Pembelajaran
- Peserta didik mampu mendskripsikan dampak rotasi dan revolusi bumi
- Peserta didik mampu merancang percobaan rotasi dan revolusi bumi.
E. Materi Pembelajaran
Ø Komponen Penyusun Tata Surya
Ø Gerak Planet dan Hukum Kepler
Ø Gerak Bumi dan Bulan
Ø Akibat Rotasi dan Revulusi Bumi
F. Pendekatan/ Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan STEM/Project Based Learning(PBL)/Diskusi Tanya jawab, penyelidikan /praktik
G. Media/Alat dan Bahan Pembelajaran
- bola bekas, dynamo, pemutar gir, bohlam, kabel listrik
H. Sumber Belajar
Buku IPA Kelas VII
I. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 JP)
No | Tahap | Kegiatan | Karakter | Estimasi Waktu |
1 | Pendahuluan | 1. Guru menyampaikan salam dan mengecek kesiapan dan kehadiran peserta didik 2. Peserta didik berdoa untuk memulai pelajaran 3. Peserta didik mengungkapkan apa yang mereka pikirkan tentang gerak rotasi dan revolusi bumi 4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran | ||
2 | Inti | A. Reflection Fase 1 (10 menit) 1. Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok 2. Guru memberikan pertanyaan menantang yaitu meminta peserta didik menyebutkan susunan tata surya. 3. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru tentang apakah yang menyebabkan perputaran planet-planet 4. Guru menyampaikan tentang kegiatan proyek yang akan dilakukan peserta didik yaitu melakukan percobaan tentang dampak rotasi dan revolusi bumi 5. Peserta didik menerima LKPD (Lembar Kerja Peserta didik) B. Research Fase 2 (50 menit) 6. Peserta didik mencari sumber sumber yang relevan dengan materi dampak rotasi dan revolusi bumi. 7. Guru membimbing Peserta didik untuk menentukan dan merancang percobaan untuk melihat dampak rotasi dan revolusi bumi. 8. Guru membimbing Peserta didik untuk menyebutkan dampak dari rotasi dan revolusi bumi. C. Discovery 9. Peserta didik mendiskusikan Proyek yang akan dibuat 10. Peserta didik menuliskan ide/rencana dari setiap anggota untuk alternatif berbagai rancangan proyek rotasi dan revolusi bumi. 11. Peserta didik menentukan rancangan tugas proyek rotasi dan revolusi bumi. D. Application 12. Peserta didik membuat rancangan tugas Proyek rotasi dan revolusi bumi. 13. Communication 14. Peserta didik mempresentasikan hasil karya kepada teman-temannya 15. Peserta didik meminta dan menerima saran masukan dari teman-temannya 16. Peserta didik memperbaiki karya berdasarkan masukan dari teman-temannya | ||
3 | Penutup | 1. Peserta didik menyimpulkan hasil Pembelajaran tentang tugas Projek 2. Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang aktif mengerjakan tugas Projek 3. Guru menyampaikan kegiatan yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya |
J. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap : Observasi/pengamatan/Jurnal
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis/Lisan/Penugasan*)
c. Penilaian Keterampilan : Praktik/Produk/Portofolio/Projek*)
*) coret yang tidak perlu
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis : uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi
d. Portofolio : penilaian laporan
3. Instrumen Penilaian (terlampir)
Mengetahui : Kepala Sekolah, …………………………… NIP …………………….. | ……………, ……….. 2019 Guru Mata Pelajaran, ………….……………………… NIP …………………………… |
LAMPIRAN :
- Bahan ajar
- Instrumen Penilaian
BACA MATERI LENGKAP STEM
1. Pengertian Pendekatan STEM Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
2. Model-Model Pembelajaran STEM Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
3. Contoh Analisis STEM dalam Kurikulum 2013/Analisis KD STEM Tingkat SMP Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
4. Contoh Analisis STEM dalam Kurikulum 2013/Analisis KD STEM Tingkat SMA Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
5. Contoh RPP Berbasis STEM Model PjBL-STEM mapel IPA SMP Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
6. Contoh RPP Berbasis STEM Model PjBL-STEM Mapel Bahasa Indonesia Klik https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=pengertian-stem-dan-pendekatan-stem
l