Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sastra - Pengertian

Definisi Sastra Menurut Para Ahli dan Secara Umum
  1. Ahmad Badrun: sastra adalah kegiatan seni yang mempergunakan bahasa dan garis simbol-simbol lain sebagai alai, dan bersifat imajinatif.
  2. Aristoteles: sastra sebagai kegiatan lainnya melalui agama, ilmu pengetahuan dan filsafat.
  3. Damono: mengungkapkan bahwa kehidupan sastra menampilkan gambaran, dan kehidupan itu sendiri adalah realitas sosial. Dalam pengertian ini, kehidupan mencakup hubungan antar-masyarakat, antar-masyarakat dan individu, interpersonal, dan antar peristiwa terjadi dalam batin seseorang
  4. Eagleton: sastra adalah karya tulisan yang halus (belle letters) adalah karya yang mencatatkan bentuk bahasa. harian dalam berbagai cara dengan bahasa yang dipadatkan, didalamkan, dibelitkan, dipanjangtipiskan dan diterbalikkan, dijadikan ganjil.
  5. Eddy: sastra adalah segala bentuk dan cara pendekatan terhadap karya sastra dan gejala sastra
  6. Eneste: sastra adalah bidang keilmuan yang obyek utamanya karya sastra
  7. Fananie: sastra adalah karya fiksi yang merupakan hasil kreasi berdasarkan luapan emosi yang spontan yang mampu mengungkapkan kemampuan aspek keindahan yang baik yang didasarkan aspek kebahasaan maupun aspek makna.
  8. Hasanuddin: sastra adalah semua pendekatan ilmiah terhadap gejala sastra
  9. Kaum Formalisme Rusia: sastra adalah gubahan bahasa yang bermaterikan kata-kata dan bersumber dari imajinasi atau emosi pengarang.
  10. KBBI: sastra adalah karya tulis yang bila dibandingkan dengan tulisan lain, ciri-ciri keunggulan, seperti keaslian, keartistikan, keindahan dalam isi dan ungkapannya”. Karya sastra berarti karangan yang mengacu pada nilai-nilai kebaikan yang ditulis dengan bahasa yang indah. Sastra memberikan wawasan yang umum tentang masalah manusiawi, sosial, maupun intelektual, dengan caranya yang khas. Pembaca sastra dimungkinkan untuk menginterpretasikan teks sastra sesuai dengan wawasannya sendiri.
  11. Lefevere: sastra adalah deskripsi pengalaman kemanusiaan yang memiliki dimensi personal dan sosial sekaligus serta pengetahuan kemanusiaan yang sejajar dengan bentuk hidup itu sendiri.
  12. Mahayanan: sastra adalah ilmu yang menyelidiki kesusastraan dengan berbagai masalahnya secara ilmiah. Ilmu sastra adalah ilmu yang mempelajari karya sastra
  13. Mukarovsky, E.E. Cummings, dan Sjklovski: sastra adalah karya fiksi yang merupakan hasil kreasi berdasarkan luapan emosi yang spontan yang mampu mengungkapkan aspek estetik baik antara aspek kebahasaan maupun aspek makna.
  14. Mursal Esten: sastra adalah pengungkapan dari fakta artistik dan imajinatif sebagai manifestasi kehidupan manusia. (dan masyarakat) melalui bahasa sebagai medium dan memiliki efek yang positif terhadap kehidupan manusia (kemanusiaan).
  15. Panuti Sudjiman: sastra sebagai karya lisan atau tulisan yang memiliki berbagai ciri keunggulan seperti keorisinalan, keartistikan, keindahan dalam isi, dan ungkapanya
  16. Plato: sastra adalah hasil peniruan atau gambaran dari kenyataan (mimesis). Sebuah karya sastra harus merupakan peneladanan alam semesta dan sekaligus merupakan model kenyataan. Oleh karena itu, nilai sastra semakin rendah dan jauh dari dunia ide.
  17. Robert Scholes: tentu saja, sastra itu sebuah kata, bukan sebuah benda
  18. Saini: sastra: merupakan pengalaman ekspresi pribadi manusia berupa, pikiran, perasaan, ide, semangat, iman, dalam bentuk gambar yang membangkitkan tarik beton dengan alat bahasa
  19. Sapardi: memaparkan bahwa sastra itu adalah lembaga sosial yang menggunakan bahasa sebagai medium. Bahasa itu sendiri merupakan ciptaan sosial. Sastra menampilkan gambaran kehidupan, dan kehidupan itu sendiri adalah suatu kenyataan social.
  20. S3mi: sastra adalah suatu bentuk dan hasil pekerjaan seni kreatif yang objeknya adalah manusia dan kehidupannya menggunakan bahasa sebagai mediumnya
  21. Sumardjo dan Sumaini: definisi sastra adalah: sastra adalah seni bahasa. Sastra adalah ekspresi spontan perasaan yang mendalam. Sastra adalah ekspresi pikiran dalam bahasa. Sastra adalah kehidupan disegel bentuk dalamsebuah inspirasi dari keindahan. Sastra adalah semua buku yang berisi perasaankemanusiaan kebenaran yang benar dan bermoral kesucian dengan sentuhan, luas pandang dan bentuk yang mempesona.
  22. Sumarno: sastra merupakan pengalaman ekspresi pribadi manusia berupa, pikiran, perasaan, ide, semangat, iman, dalam bentuk gambar yang membangkitkan tarik beton dengan alat bahasa.
  23. Suyitno: sastra adalah sesuatu yang imajinatif, kreatif juga fiktif dan harus melayani dapat dipertanggungjawabkan.
  24. Tarin: sastra adalah obyek dari gejolak emosional penulis dalam mengungkapkan, seperti perasaan sedih, frustasi, gembira, dan sebagainya.
  25. Taum: sastra adalah karya cipta atau fiksi yang bersifat imajinatif” atau “sastra adalah penggunaan bahasa yang indah dan berguna yang menandakan hal-hal lain
  26. Teeuw: sastra diartikan sebagai alat untuk mengajar, memberi instruksi dan petunjuk kepada pembaca.
  27. Wellek dan Warren: sastra adalah suatu kegiatan kreatif, sederetan karya seni.
  28. Wikipedia: sastra  merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta yang berarti "teks yang mengandung instruksi" atau "pedoman", dari kata dasar  yang berarti "instruksi" atau "ajaran".