Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formative Test Modul Tes Formatif 1 s/d 2 PPGDALJAB


MODUL 4
TES FORMATIF 1
1.                  Wacanan tentang "Desa Nelayan" merupakan sub tema untuk menyusun bahan pembelajaran terpadu dari tema tentang...
ü    kehidupan dilaut
2.                  Bila tema pembelajaran terpadu yang dipilih adalah "batuan" maka penetapan kompetensi dasar mata pelajaran yang kurang tepat adalah...
ü    mempelajari peta
3.                  Jumlah dan jenis mata pelajaran yang ditempuh oleh siswa sekolah dasar dalam satu periode belajar selama enam tahun dimuat dalam...
ü    struktur kurikulum
4.                  Hal pertama yang harus dilakukan dalam penerapan pembelajaran terpadu darikurikulum yang terdiri atas mata pelajaran yang terpisah satu sama lain yaitu...
ü    mengidentifikasi dan menetapkan kompetensi dasar pada setiap mata pelajaran yang akan dipedukan
5.                  Agar terjadi pemerataan kompetensi dasar dari masing-masing mata pelajaran yang dapat dicapai melalui pembelajaran terpadu, sebaiknya delakukan...
ü    pemetaan kompetensi dasar seluruh mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar
6.                  peran tema yang terpenting dalam pembelajaran terpadu disekolah dasar yaitu...
ü    menciptakan situasi belajara yang kondusif
7.                  Tema pada pembelajaran terpadu pada dasarnya merupakan...A.pokok pikiran atau gagasan pokok yang dapat memadukan kompetendi dasar beberapa mata pelajaran
8.                  Tema pembelajaran terpadu tentang "diri sendiri" sangat tepat diterapkan di sekolah dasar kelas...
ü    satu dan dua
9.                  Pembuatan bagan atau matriks jaringan tema pemersatu dengan kompetensi dasar mata pelajaran dilakukan untuk...
ü    memetakan keterhubungan kompetensi dasar beberpa mata pelajaran
10.              Ujung dari perancangan pembelajran terpadu, yaitu penyusunan...
ü    satuan pembelajaran terpadu


TES FORMATIF 2
1.                  Mngidentifikasi keselelarasan hubungan kompetensi dasar beberpaka mata pelajaran yang akan dipadukan dilakukan guru pada saat..
ü    menyusun silabus pembelajaran terpadu
2.                  Dalam mentusun silabus pembelajaran terpadu, aspek terpenting yang harus diperhatikan agar mudah dibaca dan dipahami guru yang mengembangkannya dan guru lain yang kemungkinan menggunakan silabus tersebut, yaitu...
ü    keterbacaan dan kepraktisan penggunaannya
3.                  Guru kelas 2 membacakan sebuah dongeng KANCIL DAN BUAYA kepada siswanya, setelah selesai guru menyuruh siswa menceritakan kembali isi cerita dan menyebutkan perilaku kurang baik yang dilakukan kancil. Terakhir, guru menyuruh siswa menghitung jumlah kaki dan mata buaya yang digunakan kancil untuk menyeberang seperti diungkapkan dalam cerita. Kesimpulan yang tepat dalam pembelajaran tersebut adalah guru..
ü    mengajarkan bahasa indonesia lintas kurikulum
4.                  Dalam salah satu pembelajaran, anak dilatih untuk menceritakan kembali secara tertulis isi cerita rakyat yang dibaca guru, kemudian membacakan hasil tulisannya. Hal tersebut menunukan pengajaran sastra dilakukan dengan urutan menyimak, menulis, membaca nyaring,. Bila dilihat dari sumber belajarnya, pelajran di atas memadukan mata pelajaran...
ü    bahasa indonesia dan pengetahuan social
5.                  dalam menerangkan suatu konsep, sumber belajar yang sama dapat digunakan untuk menerangkan konsep dalam beberapa mata pelajaran. Sumber belajar tentang "peristiwa banjir" dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan konsep dalam mata pelajaran...
ü    Pengetahuan Alam dan Bahasa Indonesia
6.                  Pada hari minggu, siswa kelas V ditugaskan untuk pergi ke pasar den mengamati lingkungan pasar serta interaksi yang terjadi di pasar tersebut. Pada hari senin, di kelas siswa diminta melaporkan secara tertulis semua hal yang mereka temukan di pasar. Berdasarkan sekenario pembelajaran di atas, kemungkinan konsep-konsep yang dapat dipadukan yaitu dalam mata pelajaran...
ü    Bahasa Indonesia, Pengetahuan Sosial, Pengetahuan Alam, dan Matematika
7.                  Seorang guru dikelas I sedang mengajak siswanya bernyanyi lagu "kupu-kupu yang lucu" sambiil memperlihatkan gambar taman bunga yang penuh dengan kupu-kupu. Dengan bantuan gambar itu, siswa diminta menceritakan isi lagu dan menghitung jumlah kupu-kupu yang terdapat pada gambar taman bunga tersebut. Kedimpulan yang tepat untuk pembelajaran di atas adalah...
ü    Pembelajaran terpadu yang memadukan kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan kesenian
8.                  Salah satu manfaat penyusunan silabus pembelajaran tepadu adalah...
ü    sebagai pedoman pengembangan sistem penilaian
9.                  Maksud dari penggunaan pendekatan sistem dalam pengembangan silabus pembelajaran tepadu, yaitu...
ü    adanya keterkaitan antar komponen yang ada dalam silabus untuk mencapai kompetensi dadar
10.              Rencana jangka pendek untuk menyampaikan suatu pokok bahasan tertentu dalam satu tema pembelajaran terpadu yang akan dibahas diungkapkan ke dalam...
ü    satuan pembelajaran terpadu

Sumber https://kompilasidata.blogspot.com/