Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MAKALAH : Evaluasi Pembelajaran Tematik


A.    Evaluasi Pembelajaran Tematik
1. Hakikat penilaian
a.  Ruang Lingkup Penilaian
Penilaian dalam pembelajaran tematik adalahsuatu usaha untuk mendapatkan berbagaiinformasi secara berkala, berkesinambungan, danmenyeluruh tentang proses dan hasil daripertumbuhan dan perkembangan yang telahdicapai oleh anak didik melalui program kegiatan belajar.
Penilaian merupakan pengumpulan informasi untuk menentukan kualitas dan kuantitas belajarpeserta didik. Penilaian juga dimaksudkan untukmemperoleh, menganalisis dan menafsirkan datatentang proses dan hasil belajar peserta didikyang dilakukan secara sistematisdanberkesinambungan sehingga menjadi informasiyang bermakna dalam pengambilan keputusan.
Tujuan penilaian untuk mengetahui perkembangan yang telah dicapai anak didik selama mengikutipembelajaran. Lebih rincinya tujuan penilaian pembelajaran tematik sebagai berikut:
1.      Mengetahui percapaian indikator yang telah ditetapkan
2.      Memperoleh umpan balik bagi guru, untuk pengetahuan hambatan yang terjadi dalam pembelajaran maupun efektivitas pembelajaran
3.      Memperoleh gambaran yang jelas tentang perkembangan pengetahuan, keterampilan dan sikap siswa
4.      Sebagai acuan dalam menentukan rencana tindak lanjut (remedial, pengayaan, dan pemantapan).
Fungsi penilaian sebagai berikut :
1. Memberikan umpan balik kepada guru untukmenyempurnakan pembelajaran.
2. Sebagai bahan pertimbangan bagi guruuntuk membimbing perkembangan anak didikbaik fisik maupun psikis sehingga dapatberkembang secara optimal.
3. Sebagai bahan pertimbangan bagi guruuntuk melakukan kegiatan bimbinganterhadap anak didik yang memerlukanbimbingan khusus.
4. Sebagai bahan pertimbangan bagi guruuntuk menempatkan anak dalam kegiatanyang sesuai dengan minat dankebutuhannya.
5. Memberikan informasi bagi orang tuatentang perkambangan yang telah dicapaioleh anak didik sebagaipertanggungjawaban.
6.Sebagai informasi kepada orang tua untukmenyesuaikan pendidikan keluarga denganproses pembelajaran di sekolah.
7. Sebagai bahan masukan bagi berbagai pihakdalam rangka pembinaan selanjutnyaterhadap anak didik.
b.  Prinsip-prinsip Penilaian
1. Penilaian di kelas 1 dan 2 mengikuti aturan penilaian mata-mata pelajaran lain di sekolah dasar. Mengingat bahwa siswa kelas 1 SD belum semuanya lancar membaca dan menulis, maka cara penilaian di kelas 1 tidak ditekankan pada penilaian secara tertulis.
2. Kemampuan membaca, menulis dan berhitung merupakan kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas 1 dan 2. Oleh karena itu, penguasaan terhadap ketiga kemampuan tersebut adalah prasyarat untuk kenaikan kelas.
3. Penilaian dilakukan dengan mengacu pada indikator dari masing-masing kompetensi dasar dan hasil belajar dari mata-mata pelajaran.
4. Penilaian dilakukan secara terus-menerus dan selama proses belajar mengajar berlangsung, misalnya sewaktu siswa bercerita pada kegiatan awal, membaca pada kegiatan inti dan menyanyi pada kegiatan akhir.
5. Hasil karyakerja siswa dapat digunakan sebagai bahan masukan guru dalam mengambil keputisan siswa misalnya: penggunaan tanda baca, ejaan kata, maupun angka.
Secara umum prinsip penilaian adalah sebagai berikut:
1. Terencana
Penialaian dilakukan secar terencana sesuaidengan aspek perkembangan yang dinilai.
2. Sistematis
Penilaian dilakukan secara teratur danterprogram.
3. Menyeluruh
Penilaian mencakup semua aspek perkembangananak baik moral dan nilai-nilai agama, sosial-emosional, kemandirian, berbahasa, kognitif,fisik motorik, dan seni.
4. Berkesinambungan
Penilaian dilakukan secara bertahap dan terus-menerus untuk memperoleh gambaran tentangperkembangan peserta didik.
5. Objektif
Penilaian dilaksanakan terhadap semua aspekperkembangan sebagaimana adanya.
6. Mendidik
Proses dan hasil penilaian dapat dijadikan dasaruntuk memotivasi dan mengembangkan anak didiksecara optimal.
7. Kebermaknaan
Hasil penilaian harus mempunyai arti danbermanfaat bagi guru, orang tua dan anak didikserta pihak lain.
a.       Aspek Penilaian
Pada pembelajaran tematik penilaian dilakukan untuk mengkaji ketercapaan Kompetensi Dasar dan Indikator pada tiap-tiap mata pelajaran yang terdapat pada tema tersebut. Dengan demikian penilaian dalam hal ini tidak lagi terpadu melalui tema, melainkan sudah terpisah-pisah sesuai dengan Kompetensi Dasar, Hasil Belajar dan Indikator mata pelajaran.
Nilai akhir pada laporan (raport) dikembalikan pada kompetensi mata pelajaran yang terdapat pada kelas satu dan dua sekolah dasar, yaitu: bahasa indonesia, matematika, ilmu pengetahuan alam, pendidikan kewarganegaraan dan ilmu pengetahuan sosial, seni budaya dan keterampilan, dan pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.
2. Cara, alat dan prosedur penilaian
Penilaian dilaksanakan berdasarkan gambaran atau informasi tentang perkembangan anak didik.
Alat penilaian dapat berupa Tes dan Non Tes. Tes mencakup: tertulis, lisan, atau perbuatan, catatan harian perkembangan siswa, dan porto folio. Dalam kegiatan pembelajaran di kelas awal penilaian yang lebih banyak digunakan adalah melalui pemberian tugas dan portofolio.
Guru menilai anak melalui pengamatan yang lalu dicatat pada sebuah buku bantu. Sedangkan tes tertulis digunakan untuk menilai kemampuan menulis siswa, khususnya untuk mengetahui tentang penggunaan tanda baca, ejaan, kata atau angka.
Ada tiga bentuk penilaian yang dapat digunakanuntuk menilai perkembangan anak didik.
a.  Penilaian dengan Simbol
1)Cara penilaian
Dalam melaksanakan penilaian denganmenggunakan simbol guru dapat memakai caraberupa:
Ø  Obsevasi
Observasi adalah cara pengumpulan data melaluipengamatan langsungterhadap sikap, perilaku,dan berbagai kemampuan yang ditunjukkan anak.
Ø  Catatan Anekdot
Catatan anekdot adalah cara pengumpulan data melaluipengamatan langsung tentang sikap dan perilakuanak yang muncul secara tiba-tiba (insidental).
Ø  Percakapan
Adalah cara pengumpulan data melalui interaksilisan untuk mendapatkan informasi tentangpengetahuan atau penalaran anak mengenaisesuatu.
Ø  Penugasan
Adalah cara pengumpulan data berupa pemberiantugas yang harus dikerjakan anak didik dalamwaktu tertentu baik secara perorangan maupunkelompok.
Ø  Unjuk Kerja
Adalah cara pengumpulan data yang menuntutanak didik untuk melakukan tugas dalamperbuatan yang dapat diamati, missal praktikmenyanyi, olahraga atau memperagakan sesuatu.
2)   Alat Penilaian yang Digunakan
Alat penilaian yang digunakan adalah:
a.  RKH ( rencana Kegiatan Harian)
b. Format catatan anekdot
3)  Prosedur Penilaian
a.   Guru melaksanakan penilaian denganmengacu pada indikator yang hendak dicapai.Penilaian dilakukan seiring dengan kegiatanpembelajaran
b.  Cara pencatan hasil penilaian hariandilaksanakan sebagai berikut:
v  Catat penilaian dalam kolom penilaianperkembangan anak dalam rencana kegiatanharian.
v  Bila anak dalam melaksanakan tugas selaludibantu guru, maka pada kolom penilaian diberitanda bulatan kosong (o).
v  Anak yang sudah melebihi idikator denganmampu melaksanakan tugas tanpa bantuan, makapada kolom penilaian dituliskan nama anak dantanda bulatan penuh ( • )
v  Jika semua anak menunjukkan kemampuansesuai dengan indikator yang tertuang dalamRKH, maka pada kolom penilaian ditulis kata“semua anak” dengan tanda check list ) misal:semua anak
c. Hasil catatan penilaian yang ada dalam RKHdirangkum dan dipindah kedalam formatrangkuman penilaian perkembangan anak didik.
v  Apabila hasil penilaian dalam satu bulanlebih cenderung memperoleh bulatan penuh, makahasilnya menjadi bulatan penuh pada rangkumanbulanan dengan selalu memperhatikan prosesperubahan perilaku dan kemampuan dalampembelajaran.
v  Apabila hasil penilaian pada perkembangananak dalam satu bulan cenderung memperolehbulatan kosong, maka hasilnya akan dipindahkanbulatan kosong pada rangkuman bulanan.
v  Apabila hasil penilaian cenderung seimbangperolehan bulatan penuh dan bulatan kosong,maka hasilnya berupa tanda check list yangkemudian dipindahkan ke rangkuman bulanan.
v  Data dari buku rangkuman selama satusemester dianalisis dan disimpulkan untukmenetapkan gambaran perkembangan anak yangdideskripsikan dalam laporan penilaian.
Hasil catatan penilaian yang ada dalam RKHdirangkum dan dipindahkan ke dalam satu formatrangkuman penilaian yang mencakup bulanan dansemester. Untuk menunjukkan ketercapaianindikator selain menggunakan simbol bulatanpenuh, kosong dan check list, guru dapatmenggunakan simbol lain, seperti bintang(= , , )
b.  Penilaian dengan Portofolio
1)Cara Penilaian
Cara penilaiannya adalah berupa observasi,catatan anekdot, percakapan, penugasan, unjukkerja juga mengumpulkan hasil karya anakdengan format penilaian sesuai dengan RKH yangdiprogramkan.
Ø  Alat Penilaian
Alat penilaian dapat menggunakan format-formatsebagai berikut;
·         Format observasi
Contoh format observasi dengan check list

                Nama anak :                                                       Hari/Tanggal :
Usia : Observer :
No.
Aspek
Ya
Tidak

1.
2.

3.
Aspek perkembangan bahasa
Menggunakan bahasa yang santun
Mengekspresikan perasaan dengan kata-kata
Menggunakan bahasa yang dipahami



·         Format catatan anekdot
Contoh format anekdot:
Pengamatan terhadap Yurisa
Perkembangan fisik
Pengamatan/tanggal



Keterangan pengamatan:





Perkembangan sosial
Pengamatan/tanggal



Keterangan pengamatan:
Perkembangan emosional
Pengamat/tanggal



Keterangan pengamatan:





Kreativitas
Pengamat/tanggal



Keterangan pengamatan:
Perkembangan bahasa
Pengamat/tanggal



Keterangan pengamat:
Perkembangan kognitif
Pengamat/tanggal



Keterangan pengamat:




·         Format percakapan
Contoh format percakapan:
Nama anak      : Hari/tanggal  :
Tanggal            :
Usia anak         :
Pewawancara  :
Setting                         :
Waktu              :
Berisi uraian tentang percakapan anak dan guru
·         Format penugasan
Contoh format penugasan:
Penilaian Kegiatan
Menebalkan Tulisan dengan Gambar
Tema                                            : Binatang
Subtema                                       : Telur burung puyuh
Hari/ Tanggal                               : Minggu/ 13
November 2011
Kelompok/ Semester                    : B/ I
Bidang Pengembangan                : Bahasa
No.
Nama Anak
Aspek yang dinilai
Keaktifan
Kerapian
Ketelitian
1.
2.
3.





·         Format unjuk kerja
Contoh:
Nama siswa   :                                              tanggal :
Kelas             :
Kompetensi Dasar: Mengelompokkan hewan sesuaidengan jenis makanannya
Kelompokkanlah hewan sesuai dengan jenismakanannya dengan menggunakan gambar.
No.
Aspek yang dinilai
Tingkat kemampuan
1
2
3
4
1.




2.
Pengelompokkan dilakukan dengan menggunakan semua indra
Uraian yang dijabarkan secara rnci





Jumlah





Kriteria penskoran
Kriteria penilaian
1.      Baik sekali (A) 4
2.      Baik (B) 3
3.      Cukup (C) 2
4.      Kurang (D) 1
10-12
7-9
4-6
≤3

Ø  Prosedur Penilaian
1) Guru melihat RKH yang dibuat
2) Guru mengklasifikasi kegiatan yangdilakukan di kelas, contoh penugasan,percakapan, dll.
3) Guru menyiapkan format penilaian sesuaikegiatan pembelajaran
4) Dalam format penilaian guru menentukanwaktu, kegiatan pembelajaran dan aspek yangdinilai.
5) Guru menuliskan hasil penilaian ke dalamformat penilaian
6) Setiap hasil karya anak dideskripsikan olehguru pada lembar hasil karyanya.
7) Guru mendokumentasikan, menganalisis danmenyimpulkan hasil penilaian bersama dengandeskripsi karyanya ke dalam format rangkumanpenilaian.
Contoh Penilaian portofolio secara umum
Latar Belakang Informasi
Tanggal lahir anak       : Tanggal masuksekolah          :

Bahasa yang                                                     Suku/ras                                 :            
digunakan di rumah    :

Bukti perkembangan Kognitif : observasi, foto,hasil karya, atau catatan perilaku dan
perkembangan perilaku anak (catatan anekdot)
Mengamati gejala alamiah
Menemukan dan mengeksplorasi
Menyeleksi, menghitung dan mengelompokkan
Contoh gambar atau ilustrasi

Mengidentifikasi masalah

c. Penilaian Gabungan
Penilaian gabungan merupakan gabungan antarapenilaian yang menggunakan simbol danportofolio.
Contoh:
Evaluasi Proses Kegiatan
Menebalkan Tulisan dengan Gambar
Tema                                               : Binatang
Subtema                                         : Telur burungpuyuh
Hari/ Tanggal                                  : Minggu/ 13 November 2011
Kelompok/ Semester                      : B/ I
Bidang Pengembangan                  : Bahasa
No.
Nama anak
Aspek yang dinilai
Hasil akhir
Keaktifan anak
Ketelitian anak
Ketepatan anak
1.
2.
3.
4.
5.





Keterangan:
Tuntas                     :  T
Setengah tuntas      :  ST
Tidak Tuntas          :  TT
3. Pelaporan hasil penilaian
Pelaporan merupakan kegiatan menyampaikan danmengomunikasikan hasil penilaian guru tentangperkembangan anak didik. Penilaian dilaporkandalam bentuk uraian singkat dari masing-masingprogram pengembangan yang dibuat denganobjektif sehingga tidak menimbulkan persepsiyang salah.
Pola pelaporan dituangkan dalam bukuperkembangan anak didik yang mengikuti polasebagai berikut:
a. Uraian perkembangan secara umum
b. Uraian perkembangan anak yang menonjol
c. Uraian perkembangan kemampuan anak yangmasih perlu ditingkatkan.
Dalam pelaksanaan kegiatan ini hendaknyamenjaga kerahasian data atau informasi. Datatersebut hanya diinformasikan dan dibicarakandengan orang tua/ wali anak didik yangbersangkutan atau tenaga ahli dalam rangkabimbingan selanjutnya.