LINGKUNGAN DAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM ISLAM
LINGKUNGAN DAN LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM ISLAM
MAKALAH
Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah :
Ilmu Pendidikan Islam
Dosen Pengampu :
Muhammad Mahfud Ridwan, M.Pd.I
Disusun oleh :
Kelompok 10
1. Leni Nurhafidah (1725143154)
2. Mochamad Awallukman T. (1725143178)
3. Mochammad Alwi (1725143179)
KELAS PGMI 2-B
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) TULUNGAGUNG
2015
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Segala puji dan syukur kami haturkan kepada Allah SWT, atas rahmat, taufik, serta hidayah-Nya. Sholawat serta salam tidak lupa kepada junjungkan kita Rasulullah Muhammad SAW, sehingga penyusunan makalah yang berjudul “Lingkungan dan Lembaga Pendidikan dalam Islam” dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Kiranya dalam penulisan ini, kami menghadapi cukup banyak rintangan dan selesainya makalah ini tak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu tak lupa kami ucapkan terima kasih pada pihak-pihak yang telah membantu yaitu :
1. Bapak Dr. Maftukhin, M.Ag. , selaku rektor IAIN Tulungagung
2. Bapak Muhammad Mahfud Ridwan,M.Pd.I. , selaku dosen pembimbing
3. Dan semua pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan yang tidak dapat disebutkan satu-satu, kami ucapkan terima kasih.
Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan pada makalah ini. Oleh karena itu,kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun agar makalah ini menjadi lebih baik lagi.Kami berharap makalah ini dapat memberi bermanfaat bagi kita semua.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Tulungagung, 29 Maret 2015
Penyusun
DAFTAR ISI
Halaman Sampul............................................................................................................. i
Kata Pengantar............................................................................................................... ii
Daftar Isi......................................................................................................................... iii
BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah.......................................................................... 1
B. Perumusan Masalah................................................................................. 1
C. Tujuan Penulisan..................................................................................... 1
D. Batasan Masalah..................................................................................... 1
BAB II : PEMBAHASAN
A. Pengertian Lingkungan dalam Islam....................................................... 3
B. Macam-macam Lingkungan dalam Pendidikan Islam............................ 3
C. Pengertian Lembaga dalam Islam........................................................... 4
D. Jenis Lembaga Pendidikan Islam............................................................ 6
BAB III : PENUTUPAN
A. Kesimpulan............................................................................................. 9
B. Saran....................................................................................................... 9
DAFTAR RUJUKAN
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukkan pribadi manusia. Pendidikan sangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia. Disisi lain proses perkembangan dan pendidikan manusia tidak hanya terjadi dan dipengaruhi oleh proses pendidikan yang ada dalam sistem pendidikan formal (sekolah) saja. Manusia selama hidupnya akan selalu mendapat pengaruh dari keluarga, sekolah, dan masyarakat luas. Ketiga lingkungan itu sering disebut sebagai tripusat pendidikan.
Dengan kata lain proses perkembangan pendidikan manusia untuk mancapai hasil yang maksimal tidak hanya tergantung tentang bagaimana sistem pendidikan formal dijalankan. Namun juga tergantung pada lingkungan pendidikan yang berada di luar lingkungan formal.
Dalam perspektif pendidikan Islam, lingkungan dapat memberi pengaruh yang positif atau negatife terhadap pertumbuhan jiwa dan kepribadian anak. Pengaruh lingkungan yang dapat terjadi pada anak diantaranya adalah akhlak dan sikap keberagamaannya. Mengingat besarnya pengaruh lingkungan terhadap kepribadian dan watak anak, maka dalam perspektif pendidikan Islam lingkungan dapat mempengaruhi perkembangan fisiologis, psikologis dan sosio-kultural.
Dari urian diatas dapat diketahui bagaimana pentingnya lingkungan terhadap terjadinya proses pendidikan terutama pendidikan Islam. Oleh karena itu, kami akan menguraikan makalah yang berjudul “Lingkungan dan Lembaga Pendidikan dalam Islam”.
B. Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas kami simpulkan beberapa rumusan masalah yaitu :
1. Apa pengertian lingkungan?
2. Bagaimana macam-macam lingkungan dalam pendidikan Islam?
3. Apa yang dimaksud dengan lembaga pendidikan Islam?
4. Apa saja jenis lembaga pendidikan Islam?
C. Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk membahas pengertian lingkungan, macam-macam lingkungan dalam pendidikan Islam,pengertian lembaga pendidikan islam,dan jenis lembaga pendidikan Islam.
D. Batasan Masalah
Didalam makalah ini hanya membahas mengenai:
1. Pengertian lingkungan.
2. Macam-macam lingkungan dalam pendidikan islam.
3. Pengertian lembaga pendidikan islam.
4. Jenis lembaga pendidikan islam.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Lingkungan dalam Islam
Dalam arti yang luas lingkungan mencakup iklim dan geografis, tempat tinggal, adat istiadat, pengetahuan, pendidikan dan alam. Dengan kata lain lingkungan ialah: segala sesuatu yang tampak dan terdapat di dalam alam kehidupan yang senantiasa berkembang. Ia adalah seluruh yang ada, baik manusia maupun benda buatan manusia, atau alam yang bergerak atau tidak bergerak, kejadian-kejadian atau hal-hal yang mempunyai hubungan dengan seseorang.[1]
Lingkungan merupakan sesuatu yang berada di luar diri anak dan mempengaruhi perkembangannya. Menurut Milieu, yang dimaksud lingkungan ditinjau dari perspektif pendidikan Islam adalah sesuatu yang ada disekeliling tempat anak melakukan adaptasi, meliputi:
1. Lingkungan alam, seperti udara, daratan, pegunungan, sungai, danau, lautan, dll.
2. Lingkungan Sosial, seperti rumah tangga, sekolah, dan masyarakat.
B. Macam-macam Lingkungan dalam Pendidikan Islam
Menurut Drs. Abdurrahman Saleh, ada tiga macam pengaruh lingkungan pendidikan terhadap keberagamaan anak, yaitu :
1. Lingkungan yang acuh tak acuh terhadap agama.
Lingkungan semacam ini adakalanya berkeberatan terhadap pendidikan agama, dan adakalanya pula agar sedikit tahu tentang hal itu.
2. Lingkungan yang berpegang kepada tradisi agama tetapi tanpa keinsyafan batin.
Biasanya lingkungan demikian menghasilkan anak-anak beragama yang secara tradisional tanpa kritik atau beragama secara kebetulan.
3. Lingkungan yang memiliki tradisi agama dengan sadar dan dalam kehidupan agama.
Lingkungan ini memberikan motivasi yang kuat kepada anak untuk memeluk dan mengikuti pendidikan yang ada. Apabila lingkungan ini diitunjang dengan pimpinan yang baik dan kesempatan yang memadai, maka kemungkinan besar hasilnya pun baik pula.[2]
Dari uraian tersebut, lingkungan pendidikan dapat dibedakan mejadi tiga macam :
4. Pengaruh lingkungan positif
Lingkungan yang memberikan dorongan atau motivasi dan rangsangan kepada anak untuk menerima, memahami, meyakini serta mengamalkan ajaran Islam.
5. Pengaruh lingkungan negatif
Lingkungan yang menghalangi anak untuk menerima, memahami, meyakini dan mengamalkan ajaran Islam.
6. Lingkungan netral, adalah
Lingkungan yang tidak memberikan dorongan untuk meyakini atau mengamalkan agama, dan juga tidak melarang anak-anak untuk meyakini dan mengamalkan ajaran Islam.[3]
C. Pengertian Lembaga dalam Islam
Secara etimologi, lembaga adalah asal sesuatu, acuan, sesuatu yang memberi bentuk pada yang lain, badan atau organisasi yang bertujuan mengadakan suatu penelitian keilmuan atau melakukan sesuatu usaha. Adapun lembaga pendidikan Islam secara terminologi dapat diartikan suatu wadah atau tempat berlangsungnya proses pendidikan Islam.
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa lembaga pendidikan itu mengandung pengertian konkrit berupa sarana dan prasarana dan juga pengertian secara abstrak, dengan adanya norma-norma dan peraturan-peraturan tertentu, serta penanggung jawab pendidikan itu sendiri.
Pendidikan Islam termasuk bidang sosial sehingga dalam kelembagaannya tidak terlepas dari lembaga-lembaga sosial yang ada. Lembaga sosial tersebut terdiri dari tiga bagian, yaitu:
1. Asosiasi, misalnya universitas, persatuan atau perkumpulan
2. Organisasi khusus, misalnya penjara, rumah sakit dan sekolah-sekolah
3. Pola tingah laku yang menjadi kebiasaan atau pola hubungan sosial yang mempunyai hubungan tertentu.
Berdasarkan uraian di atas, lembaga pendidikan secara umum dapat diartikan sebagai badan usaha yang bergerak dan bertanggung jawab atas terselenggaranya pendidikan terhadap anak didik. Adapun lembaga pendidikan Islam dapat diartikan dengan suatu wadah atau tempat berlangsungnya proses pendidikan Islam yang bersamaan dengan proses pembudayaan.
Dalam ajaran islam, perbuatan manusia disebut dengan amal, yang telah melembaga dalam jiwa seorang muslim, baik amal yang berhubungan dengan Allah SWT maupun amal yang berhubungan dengan manusia dan alam semesta. Sedangkan Mahmud Syaltut mengemukakan bahwa ajaran Islam mencakup aspek aqidah, syariah dan muamalah yang dapat membimbing manusia menuju kehidupan yang lebih baik.
Asas seluruh ajaran dan amal islam adalah iman. Islam telah menetapkan norma- norma dalam mengajarkan ajaranya. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Sidi Ghazalba. Bahwa jenis lembaga pendidikan Islam yang serba tetap dan tidak boleh berubah dan tidak mungkin berubah adalah:
1. Rukun iman adalah asas ajaran dan amal islam
2. Ikrar, keyakinan atau pengucapan dua kalimat syahadat, adalah lembaga pernyataan
3. Thaharah, lembaga penyucian
4. Shalat, lembaga utama diri
5. Zakat, lembaga pemberian wajib
6. Puasa, lembaga menahan diri
7. Haji, lembaga kunjungan ke Baitullah
8. Ihsan, lembaga membaiki
9. Ikhlas, lembaga yang menjadikan amal agama
10. Taqwa, lembaga menjaga hubungan dengan ALLAH SWT
Adapun lembaga-lembaga yang dapat berubah, karena perubahan norma- norma adalah sebagai berikut:
1. Ijtihad, lembaga berpikir
2. Fiqih, lembaga putusan tentang hukum yang dilakukan dengan metode ijtihad
3. Akhlak, lembaga nilai- nilai tingkah laku perbuatan
4. Lembaga pergaulan masyarakat (social)
5. Lembaga ekonomi
6. Lembaga politik
7. Lembaga pengetahuan dan tekhnik
8. Lembaga seni
9. Lembaga negara
D. Jenis Lembaga Pendidikan Islam
Menurut Sidi Gazalba, lembaga yang berkewajiban melaksanakan pendidikan Islam adalah:
1. Rumah tangga
Pendidikan primer untuk fase bayi dan fase kanak-kanak sampai usia sekolah. Pendidiknya orangtua, sanak kerabat, famili, saudara-saudara, teman sepermainan, dan kenalan pergaulan.
2. Sekolah
Pendidik sekunder yang mendidik anak mulai dari usia masuk sekolah sampai ia keluar dari sekolah tersebut. Pendidiknya adalah guru profesional.
3. Kesatuan sosial
Pendidikan tersier yang merupakan pendidikan yang terakhir tetapi bersifat permanen. Pendidiknya dalah kebudayaan, adat istiadat, dan suasana masyarakat setempat.
Dari uraian di atas dapat di rinci lembaga-lembaga pendidikan islam sebagai berikut :
1. Keluarga
Keluarga adalah ikatan laki-laki dengan perempuan berdasarkan hukum perkawinan yang sah. Di dalam keluarga ini lahirlah anak-anak dan di sinilah terjadinya interaksi pendidikan. Keluarga merupakan pendidikan pertama dan utama karena di lingkungan inilah anak mendapatkan pendidikan untuk pertama kalinya.
Pada tahun-tahun pertama, orangtua memegang peranan utama dan memikul tanggung jawab pendidikan anak. Kasih sayang orangtua yang tumbuh akibat dari hubungan darah, mempunyai arti yang sangat penting bagi pertumbuhannya. Kekurangan kasih sayang orangtua menyebabkan anak keras kepala, sulit diatur dan mudah memberontak. Dan jika kasih sayang dari orangtua berlebihan dapat menjadikan anak manja, penakut dan sulit untuk hidup mandiri. Oleh karena itu, orangtua harus pandai dan tepat memberikan kasih sayang kepada anaknya, jangan kurang dan jangan pula lebih.
Keluarga yang ideal adalah keluarga yang mau memberikan dorongan yang kuat kepada anaknya untuk mendapatkan pendidikan agama. Adapun keluarga yang acuh dan tidak taat menjalankan agama, tidak akan memberikan dorongan kepada anaknya untuk mempelajari agama bahkan melarang anaknya mempelajari agama.
Setelah memasuki masa kanak-kanak, lingkungannya sudah semakin luas. Selain dari ayah bundanya, keluarga-keluarga lain pun telah memegang peranan. Kasih sayang yang seperti yang diterima dari ibu-bapaknya, tidak akan diperoleh dari keluarga-keluarga yang lain.[4]
2. Sekolah (Madrasah)
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang sangat penting sesudah keluarga. Semakin besar anak, semakin besar kebutuhannya. Karena keterbatasanya, orangtua tidak mampu memenuhi kebutuhan anak tersebut. Oleh karena itu,orangtua menyerahkan sebagian tanggung jawabnya kepada sekolah.
Sekolah merupakan lembaga pendidikan yang melaksanakan pembinaan, pendidikan, pengajaran dengan sengaja, teratur dan terencana. Pendidikan yang berlangsung di sekolah bersifat sistematis, berjenjang, dan dibagi dalam waktu-waktu tertentu yang berlansung dari taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi.
Telah diakui berbagai pihak bahwa peran sekolah bagi pembentukan kepribadian anak sangat besar. Sekolah telah membina anak tentang kecerdasan, sikap, minat dan lain sebagainya.
Lingkungan sekolah yang positif terhadap pendidikan islam, yaitu lingkungan sekolah yang memberikan fasilitas dan motivasi untuk berlangsungnya pendidikan agama islam. Lingkungan sekolah demikian inilah yang mampu membina anak rajin beribadah, berpandangan luas, dan berdaya nalar kreatif.
Sedangkan lingkungan sekolah yang netral dan kurang menumbuhkan jiwa anak untuk gemar beramal, justru menjadikan anak jumud, picik dan berwawasan sempit sehingga menghambat pertumbuhan anak.
Lingkungan sekolah yang negatif terhadap pendidikan agama yaitu lingkungan sekolah yang berusaha untuk meniadakan kepercayaan agama di kalangan anak didiknya.[5]
3. Tempat Ibadah
Yang dimaksud tempat ibadah yaitu seperti musholla, masjid dan sebagainya. Oleh umat islam, tempat ini biasanya dalam bentuk madrasah diniyah. Dan juga sering diadakan pengajian-peengajian umum seperti untuk peringatan hari-hari besar Islam, tabligh akbar, diskusi, dan seminar.[6]
4. Masyarakat
Masyarakat adalah kumpulan individu dan kelompok yang diikat oleh kesatuan negara, kebudayaan dan agama setiap masyarakat. Masyarakat merupakan lembaga kedua setelah keluarga dan sekolah. Pendidikan ini telah dimulai sejak anak-anak.
Organisasi-organisasi islam yang tumbuh di dalam masyarakat, antara lain:
5. Taman Pengajian Al-Quran (TPQ)
TPQ adalah lembaga pendidikan islam tingkat dasar diluar sekolah. Pesertanya secara umum ditujukan pada anak-anak usia taman kanak-kanak atau TK, tetapi pada prakteknya sering ditemui anak-anak usia SD atau SLTP bahkan terkadang SLTA yang ingin lancar membaca Al-Quran.
6. Majelis Ta’lim
Majlis Ta’lim adalah salah satu sarana pendidikan dalam islam. Majelis Ta’lim lebih kita kenal dengan istilah pengajian-pengajian. Umumnya berisi ceramah atau khotbah-khotbah keagamaan islam, juga sering digunakan sebagai wahana diskusi ilmiah, sosiologis, politik, hukum dan sebagainya.[7]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Pengertian lingkungan Dalam arti yang luas lingkungan mencakup iklim dan geografis, tempat tinggal,adat istiadat ,pengetahuan,pendidikan dan alam. Dengan kata lain lingkungan ialah: “segala sesuatu yang tampak dan terdapat di dalam alam kehidupan yang senantiasa berkembang. Lingkungan merupakan sesuatu yang berada di luar diri anak dan mempengaruhi perkembangannya.
2. Macam-macam dalam pendidikan islam:
a. Lingkungan yang acuh tak acuh terhadap agama.
b. Lingkungan yang berpegang kepada tradisi agama tetapi tanpa keinsyafan batin.
c. Lingkungan yang memiliki tradisi agama dengan sadar dan dalam kehidupan agama.
d. Pengaruh lingkungan positif.
e. Pengaruh lingkungan negatif.
f. Pengaruh lingkungan netral.
3. Pengertian Lembaga dalam Islam Secara etimologi, lembaga adalah asal sesuatu, acuan, sesuatu yang memberi bentuk pada yang lain, badan atau organisasi yang bertujuan mengadakan suatu penelitian keilmuan atau melakukan sesuatu usaha.
4. Jenis lembaga pendidikan islam:
a. Keluarga.
b. Sekolah (madrasah).
c. Tempat ibadah.
d. Masyarakat.
e. Taman pengajian Al-quran (TPQ).
f. Majelis Ta’lim.
B. Saran
Hendaknya makalah ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran dalam Lingkungan dan Lembaga Pendidikan Islam bagi pembaca. Dan makalah ini bisa bermanfaat bagi banyak pihak, utamanya bagi penyusun dan pembaca.
DAFTAR RUJUKAN
Assegaf, Abd. Rahman. 2005. Pendidikan Islam Integratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munardji. 2004. Ilmu Pendidikan Islam. Tulungagung : PT. Bina Ilmu.
Sudiyono , M. 2009. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Umar,Bukhari. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : HAMZAH.
Sri Wiji Lestari, Lingkungan Pendidikan Perspektif Islam, dalam https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=lingkungan-pendidikan-perspektif-islam Di akses pada tanggal 30 april 2015 pukul 10.27 WIB
[1]Munardji, Ilmu Pendidikan Islam, (Tulungagung : PT. Bina Ilmu, 2004), hlm 117
[2]Sri Wiji Lestari, Lingkungan Pendidikan Perspektif Islam, dalam https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=lingkungan-pendidikan-perspektif-islam Di akses pada tanggal 30 april 2015 pukul 10.27 WIB
[7]Abd. Rahman Assegaf, Pendidikan Islam Integratif, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005), hlm. 160-161