Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

K13 2019: Analisis Skl, Ki, Kd Kelas Vii Smp Kurikulum 2013 Revisi (Lengkap Semua Mapel)

Analisis SKL KI KD K13 Sekolah Menengah Pertama 2019 - Memasuki semester 2 tahun pelajaran 2018/2019 berikuat admin sampaikan mengenai K13 2019:  Analisis SKL, KI, KD Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi (Lengkap Semua Mapel). Namun sebelum anda mendownload nya marilah sama-sama kita membaca sejenak mengenai pengertian SK KI KD.
 Namun sebelum anda mendownload nya marilah sama K13 2019:  Analisis SKL, KI, KD Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi (Lengkap Semua Mapel)

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) ialah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi Inti merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap tingkat kelas atau kegiatan yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar.

Kompetensi Inti mencakup: perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau kegiatan dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

Kompetensi Dasar ialah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh penerima didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang dinyatakan dalam kata kerja dan materi.
Contoh : 
IPA
3.1 Menerapkan konsep pengukuran banyak sekali besaran memakai satuan standar (baku)
4.1 Menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan memakai satuan tak baku dan satuan baku

IPS
3.1 Mеmаhаmі kоnѕер ruаng (lоkаѕі, distribusi, роtеnѕі, іklіm, bеntuk mukа bumі, gеоlоgіѕ, tanaman dаn fаunа) dan іntеrаkѕіаntаrruаng di Indоnеѕіа serta реngаruhnуа terhadap kehidupanmanusia dаlаm aspek еkоnоmі, ѕоѕіаl, budaya dаn реndіdіkаn.
4.1 Mеnуаjіkаn hasil telaah konsep ruang kоnѕер ruang (lokasi, distribusi, роtеnѕі, іklіm, bentuk mukа bumі, gеоlоgіѕ, tanaman dаn fаunа) dаn interaksi antarruang dі Indonesia ѕеrtа реngаruhnуа tеrhаdар kеhіduраn mаnuѕіа dаlаm aspek еkоnоmі, sosial, budауа dan реndіdіkаn.

Matematika
3.1 menjelaskan dan memilih urutan pada bilangan lingkaran (positif dan negatif) dan cuilan (biasa, campuran, desimal, persen
4.1 menuntaskan persoalan yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan lingkaran dan cuilan (biasa, campuran, desimal, persen)

  • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) ialah muara utama pencapaian semua mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
  • Kompetensi Inti (KI); merupakan pijakan pertama pencapaian yang dituju semua mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD); merupakan tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan abjad melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.
Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan evaluasi diilustrasikan dalam denah gambar berikut.
  1. Standar Kompetensi Lulusan merupakan pijakan sekaligus sasaran yang harus dihasilkan dari proses pembelajaran.
  2. Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) menawarkan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai penerima didik.
  3. Kompetensi dasar dari KI-3 ialah dasar pengembangan bahan pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman mencar ilmu yang perlu dilakukan penerima didik. Dari sinilah pendidik sanggup membuatkan proses mencar ilmu dan cara evaluasi yang diharapkan melalui pembelajaran langsung.
  4. Dari proses mencar ilmu dan pengalaman belajar, penerima didik akan memperoleh pembelajaran tidak pribadi berupa pengembangan perilaku sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
  5. Rangkaian dari KI-KD hingga dengan evaluasi tertuang dalam silabus dan RPP.
Pengembangan indikator dan bahan pembelajaran merupakan merupakan 2 (dua) Pengembangan indikator dan bahan pembelajaran merupakan 2 kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum membuatkan RPP dan melaksanakan pembelajaran. pemahaman keterkaitan SKL, KI, dan KD, maka pendidik yang mengampu mata pelajaran Bahasa Inggris sanggup merumuskan indikator pencapaian kompetensi pengetahuan terkait dengan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif serta indikator keterampilan berkaitan tidak hanya keterampilan bertindak tetapi juga keterampilan berpikir yang juga dikatakan sebagai keterampilan aneh dan konkret. Yang kemudian dijadikan dasar dalam memilih pembelajaran dengan mengintegrasikan literasi dan meningkatkan nilai-nilai karakter, serta membuatkan keterampilan Abad 21.

Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi dan Materi pembelajaran, perlu mempertimbangkan karakteristik mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Untuk melaksanakan analisis kompetensi dan membuatkan IPK disarankan biar guru memperhatikan karakteristik mata Ilmu Pengetahuan Alam serta mempelajari karakteristik penerima didik dengan membuatkan nilai utama abjad yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas, serta membuatkan keterampilan Abad 21 terkait dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan persoalan (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativities Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills) sesuai dengan karakteristik Kompetensi Dasar.
Untuk selanjutnya, guru juga dituntut untuk membuatkan keterampilan sesuai tuntutan Abad 21, yaitu antara lain keterampilan berpikir kritis dan pemecahan persoalan (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativitis Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills). Guru menetukan keterampilan mana yang akan dikembangkan diadaptasi dengan karakteristik KD atau bahan pembelajaran.

Nah, untuk mendapat file .doc dokumen .pdf  Analisis SKL, KI, KD Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi (Lengkap Semua Mapel), silahkan pribadi saja Bapak/Ibu klik pada tautan yang tersemat dibawah ini :
Analisis SKL, KI, KD IPA Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 
Analisis SKL, KI, KD IPS Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 
Analisis SKL, KI, KD Matematika Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 

untuk mapel yang lain klik disini

Demikian yang terbaru, terkait dengan K13 2019:  Analisis SKL, KI, KD Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi (Lengkap Semua Mapel)


Sumber https://www.imaginepennhills.com/