Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MAKALAH IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM FUNGSI PROSES PEMBELAJARAN

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM FUNGSI PROSES PEMBELAJARAN
MAKALAH
Diajukan Untuk Memenuhi Syarat Salah Satu Tugas Mata Kuliah:
Teknologi Pendidikan
Dengan Dosen Pengampu :
Indah Komsiyah, S. Ag., M.Pd


Disusun oleh:
1.      Maidatul Chusna               (1725143166)
2.      Mimin Eka Fitantri            (1725143177)
3.      Nikmaturrohmah               (1725143203)

KELAS 2-B
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI)
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (FTIK)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN )
TULUNGAGUNG
MEI 2015

KATA PENGANTAR
            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya. Shalawat serta salam tidak lupa kami panjatkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad Saw sehingga penyusunan makalah yang berjudul “implementasi teknologi pendidikan dalam fungsi proses pembelajaran
” dapat diselesaikan dengan baik dan tepat waktu.
Kiranya dalam penulisan ini, kami menghadapi cukup banyak kendala dan selesainya makalah ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu:
1.      Bapak Dr.Maftukhin, M.Ag selaku rektor IAIN Tulungagung yang telah memberi kesempatan untuk belajar di IAIN Tulungagung.
2.      Ibu Indah Komsiyah, S. Ag., M.Pd selaku dosen pengampu mata kuliah Teknologi Pendidikan yang telah membimbing kami dalam penyusunan makalah ini.
3.      Semua pihak yang telah membantu menyelesaikan penulisan makalah ini.
Kami menyadari dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan karena keterbatasan pengetahuan yang kami miliki. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari semua pihak sangat kami harapkan. Semoga makalah ini bermanfaat untuk kita semua.



Tulungagung, Mei 2015
                                               
                                                                                                Penulis






DAFTAR ISI
Cover................................................................................................................ i
Kata Pengantar................................................................................................. ii
Daftar Isi........................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang...................................................................................... 1
B.  Rumusan Masalah................................................................................. 1
C.  Tujuan Masalah..................................................................................... 1
D.  Batasan Masalah................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam Fungsi
 Proses Pembelajaran............................................................................. 3
B.     Cara Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam Upaya
Pemecahan Masalah Pendidikan Dan Pembelajaran............................. 3
C.     Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam Proses
Pembelajaran Di Sekolah…………………………………..................4
D.    Tahapan Dalam Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam
Proses Pembelajaran............................................................................ .4
E.     Manfaat Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam Proses
Pembelajaran......................................................................................... 5
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan............................................................................................ 7
B. Saran...................................................................................................... 7
DAFTAR RUJUKAN



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan teknologi pendidikan berikut infrastruktur penunjangnya, upaya peningkatan mutu pendidikan dapat dilakukan melalui pemanfaatan teknologi pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Teknologi pendidikan merupakan suatu sistem yang dapat memfasilitasi pendidik dan peserta didik belajar lebih luas, lebih banyak dan juga bervariasi. Melalui fasilitas yang disediakan oleh sistem tersebut, siswa dapat belajar mandiri, kapan dan dimana saja tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.bahan yang dapat mereka pelajari juga lebih bervariasi, tidak hanya dalam bentuk sajian kata, tetapi dapat lebih kaya dengan variasi teks, visual, audio dan animasi.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka diperoleh rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Bagaimana pengertian implementasi teknologi pendidikan dalam fungsi proses pembelajaran?
2.      Bagaiman cara implementasi teknologi pendidikan dalam upaya pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran ?
3.      Bagaimana implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran disekolah?
4.      Apa tahapan dalam implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran ?
5.      Apa manfaat implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran ?
C.     Tujuan Pembahasan Masalah
Berdasarkan rumusan masalah yang diperoleh, adapun tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Untuk mengetahui pengertian implementasi teknologi pendidikan dalam fungsi proses pembelajaran.
2.      Untuk mengetahui cara implementasi teknologi pendidikan dalam upaya pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran
3.      Untuk mengetahui implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran disekolah
4.      Untuk mengetahui tahapan dalam implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran
5.      Untuk mengetahui manfaat implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran.
D.    Batasan Masalah
Makalah ini hanya membahas mengenai pengertian implementasi teknologi pendidikan dalam fungsi proses pembelajaran, cara implementasi teknologi pendidikan dalam upaya pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaranu, tahapan dalam implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran, manfaat implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran.
















BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam Fungsi Proses Pembelajaran
Impelentasi adalah suatu tindakan atau pelaksanaan dari sebuah rencana yang sudah disusun secara matang dan terperinci. Artinya yang dilaksanakan dan diterapkan yang telah dirancang/didesain untuk kemudian dijalankan sepenuhnya. Kalau diibaratkan dengan sebuah rancangan bangunan yang dibuat oleh seorang Insinyur bangunan tentang rancangan sebuah rumah pada kertas kalkirnya maka implementasi yang dilakukan oleh para tukang adalah rancangan yang telah dibuat tadi dan sangat tidak mungkin atau mustahil akan melenceng atau tidak sesuai dengan rancangan, apabila yang dilakukan oleh para tukang tidak sama dengan hasil rancangan akan terjadi masalah besar dengan bangunan yang telah di buat karena rancangan adalah sebuah proses yang panjang, rumit, sulit dan telah sempurna darisisi perancang dan rancangan itu.
            Jadi yang dimaksud dengan implementasi teknologi pendidikan dalam fungsi proses pembelajaran adalah penerapan teknologi pendidikan dapat digunakan untuk membantu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran.
B.     Cara Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam Upaya Pemecahan Masalah Pendidikan dan Pembelajaran
1.      Memadukan berbagai macam pendekatan dari bidang ekonomi, manajemen, psikologi, rekayasa, dan lain-lain secara bersistem;
2.      Memecahkan masalah belajar pada manusia secara menyeluruh dan serempak, dengan memperhatikan dan mengkaji semua kondisi dan saling berkaitan.
3.      Menggunakan teknologi sebagai proses dan produk untuk membantu memecahkan masalah belajar;

C.     Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran Disekolah
1.      Dilihat dari sisi Desain
Desain :
a.       Menyusun desain bahan pembelajaran terprogram
b.      Mengembangkan modul untuk pembelajaran individual
c.       Membuat disain sistem pembelajaran
2.      Dilihat dari sisi Developmen
 Pengembangan :
a.       Teknologi Cetak
b.      Teknologi Audio visual
c.       Teknologi Berbasis Komputer
d.      Teknologi Terpadu
3.      Dilihat dari sisi Utility
Pemanfaatan :
a.       Media
b.      Divusi Inovasi
c.       Implementasi dan Institusionalisasi
d.      Kebijakan dan Regulasi
4.      Dilihat dari sisi Evaluasi
Penilaian :
a.       Analisa Masalah
b.      Pengukuran beracuan patokan
c.       Penilaian Formatif
d.      Penilaian Sumatif.[1]
D.    Tahapan Implementasi Teknologi Pendidikan Dalam Proses Pembelajaran
a.       Perencanaan
a.       Pengertian perencanaan pendidikan adalah:
1)      Suatu rumusan rancangan  kegiatan yang ditetapkan berdasarkan visi, misi dan tujuan pendidikan
2)      Memuat langkah atau prosedur dalam  proses kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan
3)      Merupakan alat kontrol pengendalian perilaku warga satuan pendidikan (kepala sekolah, guru, karyawan, siswa, komite sekolah)
4)      Memuat rumusan hasil yang ingin dicapai dalam proses layanan pendidikan kepada peserta didik
5)       menyangkut masa depan proses pengembangan dan pembangunan pendidikan dalam waktu tertentu yang lebih berkualitas.[2]
b.      Pelaksanaan
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). [3]
c.       Evaluasi
Dalam impelementasinya teknologi pendidikan juga mengadakan sebuah evaluasi, dimana evaluasi tersebut adalah suatu proses yang mencangkup pengukuran dan mungkin juga testing yang juga berisi pengambilan keputusan tentang nilai.4
E.     Manfaat implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran.
1.      Menyebarkan informasi secara meluas, seragam dan cepat.
2.      Membantu, melengkapi dan (dalam hal tertentu) menggantikan tugas guru.
3.      Menunjang kegiatan belajar masyarakat serta mengundang partisipasi masyarakat.
4.      Menambah keanekaragaman sumber maupun kesempatan belajar.
5.      Menambah daya tarik untuk belajar.
6.      Mempunyai keuntungan rasio efektivitas biaya, bila dibandingkan dengan sistem tradisional.
7.      Meningkatkan produktivitas pendidikan dengan jalan: mempercepat tahap belajar (rate of learning), membantu guru untuk menggunakan waktu secara baik dan mengurang beban guru dalam menyajikan materi, sehingga akan dapat banyak membina dan mengembangkan kegairahan pebelajar.
8.      Memberi kemungkinan pembelajaran lebih bersifat individual dengan jalan: mengurangi control guru dan member kesempatan pebelajar berkembang sesuai dengan kemampuannya.
9.      Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan jalan: perencanaan program pembelajaran yang sistematis dan pengembangan bahan yang dilandasi penelitian perilaku.
















BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      Implementasi teknologi pendidikan dalam fungsi proses pembelajaran adalah penerapan teknologi pendidikan dapat digunakan untuk membantu memecahkan masalah dalam proses pembelajaran.
2.      Cara implementasi teknologi pendidikan dalam upaya pemecahan masalah pendidikan dan pembelajaran meliputi Memadukan berbagai macam pendekatan, Memecahkan masalah belajar dan penggunaan teknologi.
3.      Implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran disekolah dapat dilihat dari sisi desain, developmen, utility dan evaluasi.
4.      Tahapan implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran terdiri dari proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.
5.      Manfaat implementasi teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran adalah diantaranya dapat menyebarkan informasi secara meluas, seragam dan cepat, membantu, melengkapi dan (dalam hal tertentu) menggantikan tugas guru, menunjang kegiatan belajar masyarakat serta mengundang partisipasi masyarakat, menambah keanekaragaman sumber maupun kesempatan belajar, menambah daya tarik untuk belajar, mempunyai keuntungan rasio efektivitas biaya, bila dibandingkan dengan sistem tradisional, meningkatkan produktivitas pendidikan memberi kemungkinan pembelajaran lebih bersifat individual dengan jalan, memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan jalan.
B.     Saran
1.      Untuk peserta didik sebaiknya dapat memahami bagaimana impelementasi teknologi pendidikan agar dapat dengan tepat dalam penggunaanya.
2.      Untuk pendidik diharapkan lebih bijak dalam keberlangsungannya suatu proses belajar mengajar dan benar-benar memahami bagaimana pengimplementasiannya dalam pembelajaran.
3.      Hendaknya makalah ini dapat dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran bagi pembaca. Dan makalah ini bisa bermanfaat bagi banyak pihak, utamanya bagi segenap subjek pendidikan.

























DAFTAR RUJUKAN
Komisyah , Indah. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta : Teras.


     1 https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=pengertian-dan-komponen-rencana, diakses pada tanggal 2 Mei 2015 pukul 11.32
     2https://materbelajarlengkap.blogspot.com/search?q=pengertian-dan-komponen-rencana, diakses pada tanggal 2 Mei 2015 pukul 11.32
     4Indah Komisyah, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta : Teras, 2012), h. 105