Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Save Money For A Better Life In The Future


Hai Gengs,
Have you save your money every month? Aku rasa ga banyak anak muda jaman kini yang rajin atau rutin nabung penghasilannya, which is mereka yang sudah tidak mengecewakan usang bekerja. Aku sendiri bisa ngomong begini alasannya yaitu emang saya lihat sekeliling aku, dan mungkin berkaca sama diri saya sendiri. Aku sendiri mulai sadar pas Mama saya ingetin saya terus, alasannya yaitu ga selamanya hidup kita bakal enak. Dan, at least kalau kita punya mimpi suatu ketika kita punya usaha, setidaknya kita punya modal. 

Kesulitan pertama yang saya alamin ketika itu adalah, saya ga bisa nabung di tabungan saya pribadi. Kenapa? Karena saya tahu saldonya, saya gatel ngeliat punya uang lebih dan terlebih kalo atm bank-nya ada dimana-mana. Duh, berat banget buat nabung sendiri. Sampe kesannya Mama saya nyaranin nabung di bank yang atas nama Mama aku. Ok, itu hingga ketika ini masih saya jalanin. Tapi, saya juga kini malah pengen punya investasi, setidaknya kalau saya punya uang lebih saya tahu bisa lari kemana uang aku. Akhirnya, andal keuangan saya (Mama) menyarankan buat beli emas. Sempet mikir-mikir alasannya yaitu takut ilang. Dan, googling mengenai investasi emas.

Sampe akhirnya, kebetulan banget saya dapet invitation dari Pegadaian dan CChannel di program mereka "Sharing Seru Investasi Jaman Now". Bareng Lyla Andalucia dan Bapak Harianto Widodo selaku Deputi PT. Pegadaian Persero, disini kita sharing gimana sih caranya terpelajar berinvestasi jaman sekarang. 



Mungkin yang selama ini banyak orang yang tahu kalau Pegadaian cuma bisa mendapatkan gadai barang dan semacamnya. Tapi, Pegadaian bukan cuma sebatas wadah atau daerah kau menggadaikan barang lho gengs.

Ada banyak banget pelayanan yang di tawarkan sama Pegadaian salah satu diantaranya yaitu Tabungan Emas. Ini jadi hal yang menarik buat aku, alasannya yaitu saya juga lagi mau nabung dalam bentuk emas. Asiknya di Pegadaian ini, kau bisa nyicil emas yang akan kau beli. Misal, kau mau beli emas 1 gram, dengan estimasi harga sekitar Rp.500.000, nah kau bisa nyicil nih selama beberapa kali, mungkin mulai seratus ribu perbulan dan sebagainya. Disesuaikan dengan kemampuan kamu. 



Menurut saya sih ini menguntungkan kita banget, jadi kita ga harus beli emas dalam jumlah gram besar atau ga perlu nunggu kita punya uang banyak untuk mulai investasi. Ditambah lagi kini Pegadaian udah bisa di kanal di handphone kita lho. 

Kalian bisa download disini (klik gambar) :



Aku sendiri eksklusif buka tabungan Pegadaian ini dan coba aplikasinya, ternyata emang jadi lebih memudahkan kita buat transasksi lho. 
Karena di aplikasi ini kita bisa : 
- beli emas, 
- gadai suplemen atau elektronik, 
- pembiayaan usaha, 
- pembayaran dan top up angsuran emas, 
- mengecek titik lokasi pegadaian, 
- mencari tahu warta produk Pegadaian
- mengecek history transaksi 
- dan masih banyak lagi



Yang, paling penting sih di bab Home-nya akan ada warta mengenai harga emas dan saldo kita. Jadi, saya bisa tau kapan waktu yang sempurna buat saya beli emas. 

Gimana cara pendaftaran Pegadaian Digital? 



Terus, kalo saya belum punya Tabungan Emas di Pegadaian gimana cara buka tabungannya?

Berdasarkan pengalaman saya sih caranya praktis banget. Setelah download aplikasinya, kalian bisa input data diri kalian. Langkah selanjutnya, kalian bisa pilih outlet Pegadaian. Aku sih saranin kalau bisa outletnya yang paling deket sama rumah kamu. Soalnya, nanti ketika kita melaksanakan penarikan rekening atau menggadai emas dan mengambil fisik emasnya, kita harus tiba ke outlet ini. Setelah itu ada rincian manajemen dan pilihan metode bayar, kalian juga bisa mentransfer dari rekening kalian lho. Setelah itu check out deh.


Saat pembayaran sudah dilakukan oleh Nasabah, BNI secara otomatis akan mengabarkan melalui system yaitu dengan sms dan email. Nah, kita bisa melaksanakan cetak buku tabungan, dengan mengambarkan notifikasi yang kita terima di email atau di sms yang kita terima tadi. Setelah itu, kita bisa mulai pakai tabungannya deh.

ini lisan kita nih pas lagi buka tabungan

Terus gimana dong cara melaksanakan transaksi Top Up di aplikasi Pegadaian ini?
Sama mudahnya kok gengs dengan pendaftaran tadi. Makara kita cukup memasukan nomor kredit kita sendiri atau orang lain(jika transfer). Nomor kreditnya itu yang mana? Nomor kreditnya yaitu 4 digit uniq code Pegadaian ditambahkan dengan nomor handphone yang kita daftarkan untuk aplikasi ini. Kalian bisa menentukan top up berdasarkan nominal rupiah atau pun emas. Pilih metode bayar, jumlah bayar dan isyarat bayar/ isyarat VA BNI. Selesai deh. Nantinya kalian akan mendapatkan email notifikasi juga sebagai bukti kalau transaksi sudah berhasil.

Strength ?
Menurut saya sih banyak banget kelebihan dari Pegadaian ini, apalagi dengan adanya aplikasi yang bisa di kanal di iPhone atau Android.
+ Menabung jadi lebih mudah, 
+ Bisa melaksanakan top up ke rekening sendiri atau rekening orang lain dengan aplikasi aja
+ Bisa booking pegajuan gadai
+ Bisa pengajuan kredit mikro dengan handphone aja
+ Bisa bayar transaksi gadai
+ Bayar angsuran mikro 


Jadi, berdasarkan saya nih investasi itu ga harus nunggu kau untuk stabil secara keuangan dulu. Bahkan kalian yang masih usia awal 20 tahunan udah bisa mulai investasi lho. Apalagi kalau kalian yang punya perjuangan sampingan. Dengan Pegadaian ini, mempermudah kalian untuk investasi dimulai dengan jumlah yang kecil. Selain itu, untuk investasi emas kalian akan merasa lebih safety. Karena harga emas cenderung mengikuti nilai mata uang kita.

Untuk kalian yang masih ingin tau sama Pegadaian, kalian bisa cek di sini :
atau hubungi :
PT Pegadaian (Persero) Kantor Pusat, Jalan Kramat Raya 162, Jakarta 10430 Tel.: (62-21) 315 5550 (Hunting), Fax : (62-21) 391 4221


Keep in touch with me :