Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti Warna

Tentang warna identik dengan kerjaan aku di pabrik kebetulan dah hampir enam tahun alhamdulillah aku masih mengurus design promo marketing, alasannya itu bagi aku warna itu sobat aku di pabrik, warna bagi aku ialah keindahan, warna juga kemajemukan.

Menurut aku eksklusif penyusunan warna itu tiba dikala mood nya enak, kemudian dituangkan pada desain. Namun terlepas dari rasa itu seharusnya untuk jaman kini sebagai designer harus bisa menjelaskan konsepnya terlebih soal warna.

Katanya warna itu ternyata juga menghipnotis perasaan dan sisi psikologis insan baik secara fisik maupun mental. Bahkan katanya lagi ada lho cabang ilmu psikologi warna yang mempelajari dan menerapkan efek ini kepada banyak sekali hal disekeliling manusia, baik itu dalam desain produk, untuk menarik client, menambah pesona seseorang, dan bahkan terapi warna yang digunakan untuk mengobati penyakit.

Menurut Jacci Howard Bear, seorang desainer, penulis dan seniman yang bekerja dan mengajar di bidang desktop publishing sekitar dua dekade, warna itu katanya sanggup digunakan untuk merepresentasikan suatu budaya, tradisi, suatu yang keagamaan, sebuah konsep, perasaan, atau memancing reaksi fisik tertentu. Di dunia film, warna sangatlah penting untuk menghipnotis penonton, kalau komposisi warna yang ditampilkan tidak sesuai dengan maksud adegan yang ingin ditampilkan, maka persepsi penonton bisa saja lain. Contohnya kalau film horor dengan warna - warna cerah atau pastel, maka kesan "seram" nya tidak akan tersampaikan. Warna sangat penting untuk membuat dan menguatkan sebuah mood yang ingin dibangun

a. Merah


Adalah warna yang memberi semangat dan emosi. Warna merah memacu kelenjar adrenalin dan memicu produksi adrenalin. Memicu tekanan darah dan tingkat pernafasan, juga memicu nafsu makan dan indra penciuman. Merah ialah warna yang paling enerjik dari antara spektrum warna, mempunyai sifar semangat, berani, kemarahan, bahaya, kecepatan, hasrat, agresi dan darah. Warna merah sering digunakan di restoran tetapi tidak digunakan di rumah sakit atau penjara. Dalam budaya China, warna merah melambangkan perayaan dan keberentungan. Sedangkan di India merah melambangkan kesucian.

b. Kuning


Warna yang diasosiasikan dengan stress, kewaspadaan, dan keprihatinan, tetapi juga memicu perasaan optimis, keseimbangan, harapan, kesenangan, kebahagiaan, idealisme dan imajinasi. Warna kuning sangat baik digunakan di ruang kelas alasannya sanggup memicu mental pelajar. Di asia, kuning melambangkan kerajaan dan kebangsawanan.

c. Orange


Memiliki karakteristik adonan merah dan kuning. Orange dianggap sebagai warna yang hangat menyerupai merah tetapi intensitasnya lebih kecil. Orange mengekspresikan energi dan aktivitas. Orange juga mengingatkan orang kepada masa lampau. Orange melambangkan kehangatan, antusiasme, getaran, kreativitas, keseimbangan dan sentra perhatian. Warna orange ialah warna paling baik untuk memicu rasa ingin belajar. Di Irlandia, orange sangat akrab kaitannya dengan agama Kristen.

d. Biru


Adalah warna yang paling tenang. Jika anda melihat warna biru, otak anda akan melepaskan sebelas sinyal syaraf yang membuat badan anda relaks. Hal ini akan mengurangi suhu tubuh, tingkat pernapasan dan nafsu makan. Biru mempunyai efek yang berlawanan dengan Merah atau orange. Biru dianggap terlalu menenangkan untuk area belajaran dan tidak baik untuk restoran. Biru melambangkan perasaan tenang, rasa aman, stabil, harmonis, rasa percaya, kebenaran, percaya diri, bersih, setia, langit, air, dingin, cerdas dan depresi

e. Hijau


Warna yang menenangkan. Warna hijau sanggup menaikkan kadar histamin didalam darah, mengurangi sensitivitas pada alergi masakan dan juga memicu sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian, warna hijau juga mempunyai efek mengurangi stress dan memicu penyembuhan, Karena itu,warna hijau sering digunakan di rumah sakit. Hijau melambangkan alam, lingkungan, kesehatan, nasib baik, pembaharuan, kemudaan, semangat, kesuburan, iri hati, ketidakberuntungan, racun, berpengalaman, dingin, lembut, dan punya daya
penyembuhan yang besar.

f. Coklat


Melambangkan rasa kondusif dan myaman, kekuatan, ketegaran, kesederhanaan, persahabatan, juga mengurangi rasa lelah dan menambah nafsu makan. Warna coklat sanggup dengan ditemukan di alam, batu, tanah,kayu semuanya berwarna coklat. Warna coklat ialah warna hangat yang netral.

g. Hitam


Adalah warna yang melambangkan kekuasaan, kekuatan, kemewahan, formalitas, maut kegelapan, keserakahan, misteri dan kejahatan. Di dunia fashion, warna hitam terkenal alasannya bisa membuat pemakainya terlihat lebih kurus. Warna hitam juga stylish dan tidak lekang oleh waktu. Pendeta menggunakan pakaian hitam sebagai lambang dedikasi kepada Tuhan. Warna hitam juga digunakan untuk melambangkan kekayaan, formalitas dan sesuatu yang elegan, misalnya menyerupai dasi hitam, jas hitam , mercedes hitam. Warna hitam memperlihatkan efek kedalaman, tetapi latar belakang hitam mengurangi keterbacaan, Galeri seni atau fotografi sangat cocok untuk menggunakan hitam atau debu abu sebagai latar balakangnya, alasannya latar belakang hitam membuat warna cerah objek terlihat lebih menonjol dan membuat mata pemirsa
terfokus pada objek. Hitam juga sering dikaitkan dengan hal hal negatif menyerupai daftar hitam, komedi hitam, dan "black death". Hitam melambangkan maut dan kengerian, banyak tokoh jahat di film menggunakan baju hitam.

h. Abu-abu

Adalah warna yang paling netral, Abu - debu melambangkan Keamanan, keandalan, kecerdasan, keseriusan, kesederhanaan, martabat, kedewasaan, sifat konservatif, praktis, kesedihan, usia tua, kebosanan.

i. Putih


Sering diasosiasikan dengan cahaya, kebaikan, kepolosan, kesucian, penghormatan, kemurnian, kesederhanaan, kebersihan, kedamaian, kerendahan hati, presisi, tidak bersalah, usia muda, kelahiran, trend dingin, salju, kemandulan, kesepakatan nikah (budaya Barat), dingin, klinis, dan steril. Putih
ialah lawan yang berlawanan dengan hitam. Jika hitam sering diasosiasikan dengan hal negatif, maka putih diasosiasikan dengan hal positif, Putih melambangkan awal yang sukses. Putih sanggup digunakan untuk memperlihatkan kesan higienis dan canggih pada suatu produk. Putih juga melambangkan hal yang steril, dokter dan rumah sakit kerap menggunakan warna ini. Putih juga melambangkan hal-hal yang berkaitan dengan kesucian dan Ketuhanan.