Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Materi Kaos

Bicara soal kaos niscaya yang kebayang santai, casual atau dalam beberapa orang katanya kaos itu merupakan cuilan dari hidup. Mungkin engga selalu benar beberapa pikiran saya, namun ada baiknya jikalau kita mengetahui materi kaos yang lazim digunakan ketika ini.


Berbekal hasil pengalaman dan tanya sana-sini juga ditambah hasil guggling aku sedikit menyimpulkan ada Bahan Kaos Cotton, orang-orang sih ngomongnya katun. Naaah  Cotton sendiri mempunyai beberapa jenis, naah begini nih baca aja klarifikasi dibawah ini (silahkan , oiyaa kalo aku salah tolong diingatkan ya..hehehe):

1. Cotton Combed

Katun combed yakni katun yang terbuat dari benang-benang yang berukuran ketebalan yang sama. Oleh alasannya yakni itu jenis kain ini lembut dan nyaman dipakai. Katun combed sendiri dibagi menjadi banyak sekali macam ketebalan. 20S, 24S, 30S dan 40S yakni jenis-jenis katun combed yang sering beredar di pasaran. Berikut klarifikasi perihal jenis-jenis di atas.
20S adalah, materi ini mempunyai ketebalan paling tebal(semakin besar angkanya semakin tipis bahan). Bahan ini tebal, halus dan tahan lama.
24S lebih agak tipis dari 20S. Bahan ini sering digunakan oleh perusahaan atau retailer yang kurang yakin bahwa masyarakat siap memakai 30S. Karena lebih tipis materi agak lebih jatuh ke badan.
30S terperinci lebih tipis dari kedua materi di atas. Juga lebih lembut dari 2 materi di atas dan lebih jatuh juga. Bahan ini sering digunakan oleh retailer-retailer menyerupai distro yang mempunyai sasaran anak muda. Bahan ini populer lebih nyaman dikarenakan udara dunia yang semakin panas semakin hari dan juga kelembutannya.
40S. Bahan ini paling tipis dari yang lain. Bahan ini sering digunakan oleh retailer luar negeri atau khusus untuk perempuan. Bahan dapat dibilang agak memalsukan bentuk badan, jadi untuk orang-orang yang tidak percaya diri akan bentuk tubuh tidak disarankan untuk memakai materi ini.

2. Cotton Carded
Katun ini agak lebih garang dibandingkan dengan katun combed. Ini dikarenakan oleh benang-benang yang tidak dihaluskan lagi. Kualitas dari carded yang kita tawarkan cukup bagus, tapi jikalau dibandingkan combed, combed lebih unggul dari sisi kelembutan dan kenyamanan. Keunggulan dari carded yakni dari sisi harga. Harga carded lebih murah dari combed. Carded sendiri terdiri dari 20s hingga 40s. Semakin besar angka, semakin tipis materi tersebut. Bahan cotton carded dan cotton combed terlihat sama oleh mata, kedua materi ini dapat dibedakan dengan sentuhan; cotton combed jauh lebih lembut dari carded

3. Cuty
Bahan ini biasa digunakan untuk menciptakan polo shirt. Bahan ini mempunyai banyak jenis; dari ketebalan, kandungan katun dan polyester, warna dan juga jenis tenunan. Beberapa jenis tenunan yang umum yakni lacoste, waffle, pique dan lain-lain. Tenunan yang dimaksud yakni pattern jahitan pada materi tersebut

4. Baby Terry & Fleece
Bahan ini biasa dijadikan sweater dan jaket. Bahan ini hangat dan nyaman dipakai. Ketebalan pada materi ini pun bervarian menyerupai bahan-bahan lain. Kedua materi ini bahwasanya sama, perbedaannya yakni fleece bahwasanya yakni materi baby terry yang sudah diproses lagi, digaruk sehingga menghasilkan materi fleece. Jika dibandingkan materi fleece lebih tebal dan empuk

5. Non 100% CottonBahan-bahan ini bukan 100% katun. Bahan ini mempunyai polyester di dalamnya. Polyester ini menjadikan materi ini lebih panas ketika dipakai. Perbedaan-perbedaan pada bahan-bahan ini hanya terletak pada persentase katun dan polyester di dalam kandungan kainnya. (contoh gambarnya bikin deg-degan hehehe)

Demikian sedikit rangkuman ini supaya berkenan