Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentang Twitter

Kurang lebih sebulan  yang kemudian saya di minta untuk bikinin akun fesbuk untuk seorang sahabat di Jakarta, kebetulan memang temen saya tidak pernah ingin susah, orangnya instan, tidak mau bertele-tele, tp berdasarkan orang memang agak gatek mungkin hehehehe. Padahal berdasarkan saya fesbuk kan semua orang sanggup bikin. Lantas kemudian saya bikin deh akun fesbuk buat dia. Was..wes...wos..ketak-ketik dikomputer jadilah akun fesbuk karangan saya buat digunakan dia. 

Alangkah senangnya ia ketika saya kasih akunnya udah jadi, udah sanggup dipakai. Lalu saya sms username dan passwordnya. Kemudian ia minta dipasangin poto profil, saya manut dan kini akun fesbuknya sudah aktif dan kini relisa namanya sudah apdet-apdet status terus. Temannya kini sudah lebih dari seratus. Ck...ck...ck..ck...tren fesbuk sudah menjadi kebutuhan tiap orang dijaman sekarang. 

Selang waktu ketika Relisa meminta mengembangkan akun fesbuk, ada seorang sahabat lagi yang meminta saya menciptakan akun. Tapi yang ini agak beda, ia meminta saya bikinin akun Twitter. Walah agak asing nih buat saya, soalnya maklum saja saya kan orang biasa bukan artis yg suka ngetuuuiiiit. Rada ribet memang. tapi saya alhasil sanggup juga dan akun twitter sahabat saya udah jadi dan siap untuk dipakai. Sebenernya saya juga punya akun tuiiit tp masih sepi pengikutnya gres 30an. 

Kemudian saya cari informasi lah wacana twitter, apa aja sih yang dilakukan orang dalam twitter, apa sih istilah-istilah ditwitter dan apa juga fungsinya, berikut ini saya rangkum beberapa istilah dalam media umum twitter : 

Apa itu Twitter?
Menurut portal wikipedia Twitter adalah  situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang memperlihatkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweet). Bahasanya agak ribet yah terlalu dalem, simplenya twitter itu yang bikin perusahaan Twiiter Inc, didalem twitter penggunanya sanggup mengirim dan mendapatkan pesan dari pengguna lainya atau temen atau pengikutnya.. Oh iya pesannya dihentikan melebihi 140 karakter

Tweet (Kicauan)
Iya tweet fungsi utama dalam twitter ini adalah  teks goresan pena sampai 140 aksara yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan sanggup dilihat secara luar, namun pengirim sanggup membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna sanggup melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").


Konten Dalam Twitter
Laman Utama (Home)
Pada halaman utama kita sanggup melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi sahabat kita. Halaman utama disebut juga sebagai Timeline

Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.

Pengikut (Follower)
Pengikut ialah pengguna lain yang ingin menyebabkan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

Mengikuti(Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan ialah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain biar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.

Gamitan (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan jawaban dari percakapan biar sesama pengguna sanggup eksklusif menandai orang yang akan diajak bicara.

Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit biar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan eksklusif lebih sanggup disebut SMS sebab pengiriman pesan eksklusif di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang sanggup melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

Tagar (Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan topik tertentu biar pengguna lain sanggup mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga

Senarai (List)
Pengguna twitter sanggup mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk sanggup melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).

Topik Hangat (Trending Topic)
Secara garis besar ialah topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan. Kemudian secara spesifik yaitu sebuah kata, frase atau yang ditandai dengan tagar (#) yang dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta unggul dalam jumlah daripada kata, frase atau yang ditandai dengan tagar lainnya, hal ini biasa dikatakan menjadi Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi terkenal baik yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau sebab suatu insiden yang mendorong orang untuk berbicara wacana satu hal tertentu tersebut. Topik-topik tersebut membantu Twitter dan pengguna untuk memahami apa yang terjadi di dunia. Terkadang topik-topik tersebut merupakan hasil dari kesengajaan dan upaya bersama oleh fans selebriti tertentu ataupun sebab fenomena budaya. Ada 2 jenis Topik Hangat (Trending Topic) yang menjadi pola pengguna di Indonesia, yaitu Topik Hangat Seantero Dunia (Trending Topic World Wide / TTWW) dan Topik Hangat Indonesia (Trending Topic Indonesia / TTI), kemudian yang terjadi di Indonesia khususnya terutamanya ialah sebab hal-hal yang sedang banyak peminatnya pada kala itu, semisal fenomena lagu Keong Racun, Ariel Peterpan (dikenal sebagai Arielpeterporn), Ashilla Zahrantiara (dikenal sebagai Shilla, Ashilla Z dan AshillaBlink), Justin Bieber (Beliebers), Twilight, Harry Potter dan lainnya, atau juga hal-hal yang tidak biasa ibarat #7KulinerSbyPalingWuenak.

Isi Kicauan
Isi Kicauan berdasarkan Pear Analytics.
Celoteh tidak berarti - 40%
Percakapan - 38%
Nilai lewat-terus (pass-along) - 9%
Promosi diri - 6%
Berita - 4%
Spam - 4%

Peringkat
Twitter ialah merupakan salah satu dari 10 situs web yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia oleh Alexa trafik web analisis. Februari 2009 Compete.com blog entry menyampaikan bahwa Twitter berada di tingkat ketiga sebagai situs yang digunakan jaringan sosial berdasarkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 6 juta pengunjung. Pada bulan Maret 2009, Nielsen.com blog menyatakan Twitter sebagai situs yang tumbuh tercepat--dalam kategori Komunitas Anggota. Twitter mempunyai pertumbuhan bulanan sebesar 1.382%, meningkat dari 475.000 pengunjung pada Februari 2008 menjadi 7 juta pada Februari 2009.

Aplikasi pihak ketiga
Kurang dari setengah kicauan yang dikirim-tampil memakai web, sedangkan sebagian besar pengguna memakai aplikasi pihak ketiga (berdasarkan analisis 500 juta kicauan oleh Sysomos). Ada banyak alat atau aplikasi dari twitter. Beberapa di antarnya ialah aplikasi TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu, TweetWawa, WriteLonger, SimpleTweet, Gravity

Demografi
Menurut sebuah studi oleh Sysomos pada bulan Juni 2009, wanita membentuk sebuah demografi Twitter lebih besar daripada pria dimana persentasenya ialah 53% lebih dari 47%. Ia juga menyatakan bahwa 5% dari pengguna menyumbang 75% dari semua aktivitas, dan bahwa New York mempunyai Twitter sebagian besar pengguna.
Pada perkembangannya, Twitter yang awalnya dirancang untuk digunakan oleh orang sampaumur sebagai sarana pendukung dalam pekerjaan, kini ini justru didominasi oleh remaja. Hal ini dikarenakan fungsi Twitter yang kini sebagai wadah berkumpulnya para penggemar artis-artis. Bisa saja pengguna twitter tersebut ialah selebritis atau hanya sekedar basis fans. Dengan begitu para pengikut akun selebritis tersebut sanggup memantau isu terbaru dari sang selebritis. Selebritis yang pertama kali menjaing satu juta pengikut dan juga sebagai pencetus akun selebritis ialah Ashton Kutcher. Kemudian diikuti oleh Oprah Winfrey, Britney Spears,Justin Bieber,Lady Gaga.

Kerahasiaan pribadi dan keamanan
Menanggapi pelanggaran keamanan Twitter, Federal Trade Commission membawa tuduhan terhadap layanan yang telah diselesaikan pada tanggal 24 Juni 2010. Ini ialah pertama kalinya FTC telah mengambil tindakan melawan jaringan sosial untuk penyimpangan keamanan. Penyelesaiannya Twitter memerlukan sejumlah langkah untuk mengamankan informasi pribadi sehingga "program keamanan informasi yang komprehensif" untuk secara independen diaudit dua kali setahun.
Pada tanggal 21 September 2010, Sebuah cacing komputer (worm) XSS aktif di Twitter. Ketika sebuah akun pengguna mengirim kicauan, cacing komputer dalam skrip secara otomatis akan membuka tautan dan mengirim-tampil dengan sendirinya. Yang lebih parah kemudian digunakan untuk mengirim sembulan iklan (pop-up ad) dan tautan ke situs porno.