Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Dan Memahami Graphics Standard Manual Lebih Lengkap

Mengenal dan Memahami Graphics Standard Manual Mengenal dan Memahami Graphics Standard Manual Lebih Lengkap

Suatu metode yang diterapkan dalam sebuah perancangan media komunikasi sebagai teladan visual identity secara sistematis dan terstruktur dalam menempatkan corporate identity pada setiap media komunikasi yang dibutuhkan.

Banyak sekali desainer pemula yang mungkin belum mengetahui secara detail wacana "Graphics Standard Manual", apa istilah ini, perlukah menerapkannya dalam logo atau apa saja cakupannya dan sebagainya.

Jika Anda ialah seorang perancang logo maka sudah merupakan hal yang wajib untuk mengenal lebih lanjut wacana hal ini terutama untuk diterapkan dalam presentasi desain Anda ke klien.

Apa itu Graphics Standard Manual

Penjelasan Singkat
Dikenal juga dengan nama Graphic Identity Manual, Graphic Identity Guideline dimana semuanya mempunyai makna yang sama.

Singkatnya, Graphics Standard Manual dibentuk untuk menjaga konsistensi tampilan sebuah logo semoga sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh perusahaan/pemilik logo bersangkutan. Tidak hanya logo, sanggup juga berupa elemen visual pendukung ibarat warna, pattern, layout, template dan sebagainya.

Jika dianalogikan dengan barang yang gres Anda miliki, sanggup dibilang Graphics Standard Manual merupakan buku panduan/pedomaan untuk penggunaan barang yang Anda miliki tersebut.

Baca Juga :





Tujuan Graphics Standard Manual
Tujuan dari Graphic Standard Manual ialah semoga para desainer atau pihak yang akan memakai logo bersangkutan tidak menglami kesulitan serta untuk menjaga konsistensi logo dalam pengaplikasiannya ke banyak sekali media ibarat kaos, banner, kop surat dan lainnya. Kesalahan pengaplikasian logo sangat fatal sanggup menyebabkan hilangnya gambaran dan identitas visual dari logo tersebut, memporak-porandakan persepsi masyarakat wacana perusahaan pemilik logo bersangkutan.

Mengenal dan Memahami Pentingnya Graphics Standard Manual

Seberapa Penting Graphics Standard Manual

Pentingkah menciptakan Graphic Standard Manual untuk sebuah logo ?
Logo mewakili identitas sebuah perusahaan, kesalahan dalam penerapan logo tentu akan besar lengan berkuasa pada gambaran dari perusahaan tersebut.

Hal yang sering terjadi tanggapan tidak mengikuti teladan Graphic Standard Manual ialah logo mengalami perubahan dari segi bentuk awal, warna ataupun komposisi sehingga berimbas pada perbedaan persepsi dan pandangan dimata audiens/masyarakat disetiap media yang dipakai oleh perusahaan, logo menjadi terkesan murah, dan tidak mempunyai nilai yang kuat alasannya ialah perubahan itu.

Sebagai contoh, dikala Anda ingin mencetak sebuh banner ataupun kartu nama sebuah perusahaan ke percetakan, apa yang harus Anda jelaskan kepada pihak perusaahn jikalau mereka bertanya;
  • Berapa arahan warna logo perusahaan tersebut ?
  • Apa nama dan berapa ukuran font yang dipakai dalam logo tersebut ?

Semua pertanyaan diatas sanggup terjawab jikalau Anda mempunyai Graphics Standard Manual dari logo tersebut. Oleh alasannya ialah itu sebagai seorang desainer, penting untuk memperlihatkan pemahaman wacana Graphic Standard Manual kepada kliennya alasannya ialah pada umumnya kebanyakan klien tidak mengerti wacana ajaran identitas.

Mengenal dan Memahami Pentingnya Graphics Standard Manual - Bagian Penting

Apa Saja Cakupan (Yang Harus Ada) Dalam Graphics Standard Manual

Ada beberapa bab penting yang terdapat dalam penyusunan sebuah Graphic Standard Manual antara lain, yaitu :

  1. Makna Logo
    Termasuk Arti dan filosofi dari logo, ide/konsep visual, ilham logo dan sebagainya
  2. Logo Hitam /putih dan Grayscale
    Tampilan logo dalam 1 warna hitam putih untuk penerapan di media yang minim warna ibarat kaos dan lainnya
  3. Logo in Grid
  4. Clear Space Area
    Margin tulisan, tujuan adanya margin ini sebagai patokan memberi jarak logo dengan elemen visual lainnya dalam sebuah publikasi
  5. Warna
    Kode warna yang dipakai dalam logo sanggup berupa Hex, CMYK, atau RGB
  6. Tipografi
    Jenis font yang dipakai dalam logo juga font yang disarankan untuk heading, body text
  7. Elemen Estetis
  8. Layout Penerapan Identitas
    Template atau layout yang seharusnya diterapkan untuk keperluan cetak, lebar tinggi logo untuk ukuran cetak tertentu dalam centimeter hingga pixel, dan semisalnya. Juga termasuk modifikasi layout/susunan logo dikala ditayangkan dalam wujud portrait maupun landscape
  9. Incorret Used
    Hal-hal yang tidak diperbolehkan dalam penerapan logo, detail-detail modifikasi logo yang tidak diperkenankan alias yang dilarang. Di bab ini, jangan terlalu aneh-aneh menciptakan aturan, pastikan larangan yang dibentuk mempunyai dasar yang jelas
  10. Stationeries
    Kelengkapan logo untuk keperluan kantor ibarat kartu nama, kop surat, amplop, stempel dan lain sebagainya.

Ada kalanya perusahaan besar menciptakan beberapa macam ajaran yang saling terpisah, contohnya pedoman khusus untuk advertising, pedoman khusus untuk signage, pedoman khusus untuk kemasan, semua diubahsuaikan dengan kebutuhan. Diluar ajaran yang umum ada juga yang mencantumkan tone / tata bahasa perusahaan, signage, seragam karyawan, desain interior dan eksterior gedung, display untuk pameran, kemasan produk, gift dan lain-lain. semua tergantung dari kebutuhan perusahaan, besar kecilnya perusahaan, budget dan banyak lagi faktor lainnya.

Contoh Graphics Standard Manual

Untuk membantu Anda menciptakan Graphics Stndar Manual kami akan memperlihatkan contoh Graphics Standar Manual yang baik dan lengkap untuk ilham Anda dari Wonderful Indonesia dan Logo 73th Kemerdekaan Indonesia yang sanggup Anda download melalui link dibawah :

Brand Guideline - Wonderful Indonesia
Download - Brand Guideline: Wonderful Indonesia

Pedoman Identitas Visual 73TH Kemerdekaan RI
Download - Pedoman Identitas Visual 73TH Kemerdekaan RI


Referensi :
putrasun.blogspot.com
r5alburuj.blogspot.com
suriantorustan.com